IDENTIFIKASI CEMARAN KAPANG PATOGEN PADA JAMU SERBUK PEGAL LINU YANG BEREDAR DI KOTA SURAKARTA

Mail Anggraeni Sih Prabandari(1*)
Mail Mening Sri Darwati(2)


(1) , Indonesia
(2) Program Studi D IV Teknologi Laboratorium Medis, Politeknik Santo Paulus Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Konsumsi jamu pada masyarakat di Kota Surakarta cukup tinggi, utamanya jamu serbuk instan karena dipandang lebih praktis, dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama dan memiliki khasiat yang sama dengan bentuk sediaan lainnya. Jamu serbuk pegal linu dikonsumsi untuk menghilangkan rasa lelah, nyeri otot dan tulang serta memelihara kesehatan. Regulasi BPPOM RI Nomor 32 tahun 2019 telah mengatur batas cemaran mikroba patogen dalam jamu serbuk instan, namun demikian belum adanya pengawasan terhadap mutu mikrobiologis jamu serbuk instan.

Tujuan: Untuk mengetahui tingkat cemaran kapang khamir dan identifikasi kapang patogen pada jamu serbuk instan pegal linu.

Metode: Cemaran kapang khamir dihitung berdasarkan nilai Angka Kapang Khamir (AKK) menggunakan metode pour plate pada media Potato Dextrose Agar. Identifikasi kapang patogen berdasarkan pengamatan makroskopis dan mikroskopis.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan tingkat cemaran kapang/khamir dari 9 sampel jamu serbuk pegal linu yang diperiksa tidak melebihi syarat yang ditentukan oleh BPPOM RI. Hasil identifikasi cemaran kapang patogen ditemukan Aspergillus niger dan Aspergillus flavus dengan dominasi Aspergillus niger sebanyak 89% (8 sampel).

Kesimpulan: Seluruh sampel jamu serbuk pegal linu yang beredar di kota Surakarta memenuhi syarat yang ditetapkan oleh BPPOM RI Nomor 32 tahun 2019.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.588



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |