EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MODEL WORD SQUARE TERHADAP KETERAMPILAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DI DESA GEMBOL, NGAWI

Mail Aris Widiyanto(1*)
Mail Krisnanda Aditya Pradana(2)
Mail Yuly Peristiowati(3)
Mail Agusta Dian Ellina(4)
Mail Joko Tri Atmojo(5)
Mail Asruria Sani Fajriah(6)
Mail Rina Tri Handayani(7)


(1) , 
(2) , 
(3) , 
(4) , 
(5) , 
(6) , 
(7) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Kanker payudara (Carsinoma Mamae) adalah tumor ganas yang berasal dari kelenjar kulit, saluran kelenjar, dan jaringan di sebelah luar rongga dada. Kanker payudara dapat dideteksi lebih dini dengan cara SADARI untuk mengetahui stadium awal, sehingga pengobatan dini akan memperpanjang harapan hidup penderita kanker payudara. Pendidikan kesehatan merupakan suatu proses pembelajaran dalam menyampaikan pesan kesehatan, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seseorang dalam menjaga kesehatannya Model pembelajaran word square dalam kegiatan intinya menggunakan susunan kotak kata seperti permainan teka-teki silang sehingga meningkatkan ketelitian dan membuat kritis dalam berfikir dalam mencari jawaban yang sudah ada pada kotak kata yang terdapat pada lembar kerja, ditambah bantuan alat peraga yang membuat dapat lebih bereksplorasi secara langsung dalam proses pembelajaran.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Model Word Square Terhadap Keterampilan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Di Desa Gembol, Ngawi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian ini adalah rancangan quasi eksperimen design. Populasi penelitian ini adalah seluruh wanita usia remaja di Desa Gembol, Ngawi. Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian ini seluruh wanita usia remaja di Desa Gembol, Ngawi yang berjumlah 30 orang dilakukan pada bulan Februari 2021. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon.
Hasil: Karakteristik usia responden menunjukkan bahwa rata-rata usia adalah 16 tahun dengan median 16, standar deviasi 0,490, usia termuda 15 tahun dan usia tertua 16 tahun, keterampilan sebelum pemberian pendidikan kesehatan dengan model word square mayoritas keterampilan kurang sebanyak 18 responden (60%), dan keterampilan sesudah pemberian pendidikan kesehatan dengan model word square mayoritas keterampilan baik sebanyak 22 responden (73,4%). ketrampilan sebelum dan sesudah pemberian pendidikan kesehatan dengan model word square dengan nilai p value 0,000 < 0,05.
Simpulan: Pendidikan kesehatan metode word square efektif terhadap keterampilan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) di Desa Gembol, Ngawi.

Keywords


Pendidikan Kesehatan, Word Square, SADARI

References


American Cancer Society. (2016). Cancer Facts And Figures 2016, diakses 3 Oktober 2020, .

Efendy, Ferry dan Makhfudli.(2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Erbil, NB. (2012). Beliefs, Attitude, and Behaviour of Turkish Women about Breast Cancer and Breast-Self Examination According to a Turkish Version of Champion Health Belief Model Scale. Asian Pasific Journal of Cancer Prevention. 13(11):22-29

Fajriah, A. S., Respati, S. H., & Murti, B. (2020). Application of Health Belief Model and Theory of Planned Behavior on Factors Affecting Breast Self Examination among University Students. 4, 246–257. https://doi.org/¬10.2-6911¬/the7thicph.02.42

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani.(2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Lestari, DP., Priyadi, NP., & Besar, TH. (2016). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Praktik Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Santri Putri Pondok Pesantren Dawar Kabupaten Boyolali, Jurnal Kesehatan Masyarakat. 4.(5):1-8

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Savitri, A, dkk., (2015). Kupas Tuntas Kanker Payudara, Leher Rahim Dan Rahim. Yogyakarta : Pustaka Press.

Septiani, S dan Suara, M. (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Pada Siswa SMAN 62 Jakarta, Jurnal Ilmiah Kesehatan. vol. 5 (1):1-10

Yulianti R, Suhartono, Kartika C.(2013). Penggunaan Model Word Square Dalam Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD. PGSD FKIP UNS. http://download.portalgaruda.org/article.

Lovepink Indonesia. (2018). Langkah SADARI (Periksa Payudara Sendiri), diakses 25 Oktober 2018, < https://www.youtube.com/watch?v=c1v74j7-SYM>.

Soemitro, MP. (2012). Blak-Blakan Kanker Payudara : Temukan Sedini Mungkin. Bandung : Qanita.

Suastina, Ayu. (2013). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu PKK Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Artikel Ilmiah. 2 (2):11-17

Syahfitri, EH. (2012). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri tentang SADARI di SMA Ahmad Yani Binjai. Medan : Karya Tulis Ilmiah.

Utami, Sri. (2018). Kanker Payudara. Jakarta Selatan : Oryza.

Widiyanto A, Atmojo JT, Fajriah AS, Putri SI, Akbar PS (2020). Pendidikan Kesehatan Pencegahan Hipertensi. 1(2):96-190

World Health Organization. (2014). Breast Cancer, diakses 1 Oktober 2020,

< http://www.who.go.org>




DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v4i1.467



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |