IDENTIFIKASI KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS DAN EFEKTIVITAS EKSTRAK ETILASETAT DAUN TALOK (Muntingia calabura L) SEBAGAI ANALGETIK

Mail Widyaningrum Widyaningrum(1*)
Mail Sri Saptuti(2)
Mail Veronika Tria Agustina(3)
Mail Wella Sulistiyah(4)


(1) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(2) Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo, Indonesia
(3) Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo, 
(4) Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Kersen atau talok merupakan salah satu tanaman yang dapat berkhasiat sebagai analgetik, antiinflamasi dan antipiretik. Senyawa kimia yang terkandung di dalamnya antara lain flavonoid, polifenol, tannin, triterpen dan saponin.
Tujuan : Untuk melakukan identifikasi profil kromatografi lapis tipis ekstrak etilasetat daun talok (EEADT) dan melakukan pengujian efektivitasnya sebagai analgetik melalui induksi kimia yang diberikan pada mencit jantan ras Swiss.
Metode : Penyarian daun talok dilakukan dengan pelarut etilasetat menggunakan metode maserasi. Maserat kemudian diuji fitokimia dilanjutkan pengujian kromatografi lapis tipis (KLT). Selanjutnya dilakukan pengujian efektivitas EEADT sebagai analgetik menggunakan metode induksi kimia. Sampel hewan uji adalah mencit jantan, yang dibagi 5 kelompok perlakuan, yaitu kontrol negatif minyak goreng, kontrol positif asetosal dosis 65 mg/kgBB, kelompok 1 yaitu EEADT dosis 60 mg/kgBB, kelompok II yaitu EEADT dosis 120 mg/kgBB dan kelompok III adalah dosis 240 mg/kgBB. Induksi kimia menggunakan asam asetat 1% secara intraperitoneal kemudian diamati geliat yang timbul pada mencit. Data yang diperoleh kemudian dihitung daya analgetiknya lalu dianalisis menggunakan SPSS melalui uji ANOVA.
Hasil : Hasil maserasi berupa ekstrak kental etilasetat dengan rendemen sebesar 8,41%. Hasil pengujian skrining fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak etilasetat positif pada uji pendahuluan, kemudian uji lanjutan positif terhadap alkaloid, antrakinon, tannin, saponin dan flavonoid. Pada identifikasi KLT menunjukkan adanya bercak alkaloid, antrakinon dan flavonoid. Hasil pengujian efektivitas analgetik pada EEADT adalah berturut-turut asetosal, dosis 60mg/kgBB; 120 mg/kgBB dan 240 mg/kgBB yaitu 37,74%; 6,40%; 16,42% dan 32,09%.
Simpulan : EEADT mengandung senyawa alkaloid, antrakinon dan flavonoid. EEADT memiliki efektivitas sebagai analgetik.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v2i1.263







Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |