HUBUNGAN KEAKTIFAN PRAKTIKUM DENGAN HASIL EVALUASI UJIAN ANTENATAL CARE PADA MAHASISWA PRODI DIII KEBIDANAN STIKES MAMBA’UL ‘ULUM SURAKARTA

Mail Anita Dewi Lieskusumastuti(1*)
Mail Danik Riawati(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Antenatal Care merupakan pelayanan yang diberikan tenaga profesional yang diberikan pada ibu hamil sesuai dengan standar pelayanan antenatal. Mahasiswa Diploma III Kebidanan juga diharapkan mempunyai kemampuan dalam memberikan pelayanan kehamilan yang berkualitas. Proses belajar akan berlangsung dengan baik, apabila mahasiswa aktif. Bahwa segala pengetahuan dan keterampilan harus diperoleh sendiri melalui pengamatan, pengalaman, penyelidikan, dengan bekerja sendiri dan fasilitas yang diciptakan sendiri dalam hal kegiatan belajar meliputi keaktifan praktikum peserta didik di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan praktikum dengan hasil evaluasi ujian antenatal care pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan pendekatan potong lintang. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester V Prodi DIII Kebidanan STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Tahun Akademik 2017-2018 sebanyak 34 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh. Alat pengumpulan data berupa cheklist. Analisa data menggunakan uji Pearson Product Moment.
Hasil: Keaktifan praktikum Mahasiswa mayoritas termasuk kategori tinggi sebanyak 32 responden (88,2%). Hasil evaluasi ujian ANC Mahasiswa mayoritas termasuk kategori baik sebanyak 16 responden (47,1%). Ada hubungan signifikan antara keaktifan praktikum dengan hasil evaluasi ujian ANC Pada Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta yaitu dengan nilai p (0,000)<0,005.
Simpulan: Ada hubungan signifikan antara keaktifan praktikum dengan hasil evaluasi ujian ANC Pada Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
Kata Kunci: Keaktifan Praktikum, Hasil Evaluasi, Ujian Antenatal Care, Mahasiswa DIII Kebidanan



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v1i1.198







Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |