FORMULASI ORALLY DISINTEGRATING TABLET (ODT) ISOLAT SINAMALDEHID SEBAGAI ANTIDIABETES

Mail Kiki Puspitasary(1*)
Mail Meliana Novitasari(2)


(1) , 
(2) Prodi S1 Farmasi, STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Salah satu bagian tanaman yang digunakan sebagai penurun kadar gula darah adalah kulit kayu manis. Komponen utama kulit kayu manis adalah sinamaldehid (42 – 75%), sedangkan komponen lain adalah eugenol, α-pinen, linalool dan benzaldehid. Sinamaldehid ini mampu menurunkan kadar gula dalam darah, dimana senyawa ini dapat berperan sebagai penghambat aktivitas enzim α-glukosidase sehingga absorbsi glukosa terganggu dan menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Tujuan Penelitian : Mengetahui kemampuan menurunkan kadar gula darah dari sediaan ODT sinamaldehid pada hewan uji.

Metode Penelitian : Isolasi sinamaldehid dari minyak kayu manis dalam penelitian ini menggunakan pereaksi natrium bisulfit. Setelah itu sinamaldehid diformulasikan menjadi 3 formula sediaan Orally Disintegrating Tablet (ODT) dengan perbandingan Ac-Di-Sol® dan Crospovidone sebagai superdisintegrant. Sediaan ODT yang dihasilkan selanjutnya di uji sifat fisiknya meliputi keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan, waktu hancur, waktu hancur dalam rongga mulut. Uji aktivitas antidiabetes menggunakan hewan uji tikus putih jantan yang diinduksi Aloksan dengan dosis 130mg/Kg BB selama 3 hari.  

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan ODT memenuhi syarat sifat fisik yang baik. Uji aktivitas antidiabetes menunjukkan bahwa penurunan kadar gula darah paling tinggi ditunjukkan pada kelompok yang diberikan akarbose yaitu sebesar 56,62%. Selanjutnya diikuti oleh kelompok yang diberikan formula III yaitu sebesar 49,59%. Kemudian kelompok formula II yaitu sebesar 47,24%. Penurunan kadar gula darah paling rendah ditunjukkan oleh kelompok pemberian formula I yaitu sebesar 39,78%.

Simpulan : Sediaan ODT sinamaldehid yang dihasilkan mampu menurunkan kadar gula darah pada hewan uji.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i2.693



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |