FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP): SCOPING REVIEW

Mail Catur Setyorini(1*)
Mail Anita Dewi Lieskusumastuti(2)
Mail Lilik Hanifah(3)


(1) , Indonesia
(2) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(3) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Pertumbuhan penduduk yang terus menerus menjadi masalah penting bagi negara-negara berkembang. Program keluarga berencana (KB) dimaksudkan mengatur fertilitas guna meningkatkan kesehatan ibu dan anak, serta dapat menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak. Program keluarga berencana nasional memprioritaskan penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP), namun cakupan MKJP masih rendah.

Tujuan: Memetakan bukti literature dengan topik faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

Metode : Scoping Review. Sumber pencarian artikel melalui database pubmed, proquest dan google scolar, berdasarkan kriteria inklusi yaitu original artikel, diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, terbit tahun 2018-2022, dapat diakses free full teks, serta kriteria eksklusi adalah review artikel. Dengan menggunakan kata kunci: faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) atau factors that influence the used of long term contraceptive methods.

Hasil: Didapatkan 10 artikel yang telah diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, dengan desain penelitian yaitu cross sectional study 9 artikel dan cohort study 1 artikel. Terdapat lima tema utama yaitu karakteristik ibu, pengetahuan dan sikap, pendapatan keluarga, dukungan suami, peran tenaga kesehatan dan kepuasan.

Simpulan: Berdasarkan 10 artikel dalam scoping review ini dimana faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) adalah karakteristik ibu (umur, pendidikan dan paritas), pengetahuan dan sikap, pendapatan keluarga, dukungan suami, peran tenaga kesehatan serta kepuasan.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.600



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |