HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEIKUTSERTAAN VAKSIN COVID-19

Mail Tri Yuniarti(1*)
Mail Sarwoko Sarwoko(2)
Mail Vina Asna Afifah(3)
Mail Hendra Dwi Kurniawan(4)
Mail Hakim Anasulfalah(5)


(1) , 
(2) , 
(3) , 
(4) , 
(5) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Vaksin Covid-19 merupakan salah satu terobosan untuk melawan dan menangani Covid-19. Keluarga pada situasi seperti ini adalah sebagai sistem pertahanan pertama dan utama bagi negara dalam mencegah meluasnya penularan Covid-19. Peran yang melekat pada keluarga itulah yang perlu dioptimalkan sebagai strategi preventif dalam menghadapi Covid-19 melalui vaksin Covid-19. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dalam keikutsertaan Vaksin Covid-19 di Dusun Manggen.

Metode: Penelitian ini adalah cross sectional, yang dilakukan di Dusun Manggen, Dusun Manang, Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Waktu Penelitian mulai bulan Februari 2022. Sampel yang digunakan sebesar 77 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Variabel dependen adalah keikut sertaan vaksin covid-19. Variabel independen adalah dukungan keluarga. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan chi square  dengan program Stata 13.

Hasil: Analisis menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara dukungan keluarga dengan keikutsertaan dalam vaksin covid-19 dosis ke-2 (p=0.001 ; p<0.05).

Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara dukungan keluarga dalam keikutsertaan vaksin Covid-19 di Dusun Manggen.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.599



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |