REFLEKSI KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA PESERTA NON BPJS DI KLINIK PRAKTIK DOKTER UMUM

Mail Belian Anugrah Estri(1*)


(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang :Kualitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan layanan kesehatan. Penilaian terhadap kualitas pelayanan yang baik tidak terbatas pada kesembuhan penyakit secara fisik, tetapi juga terhadap sikap, pengetahuan dan ketrampilan petugas dalam memberikan pelayanan, komunikasi, informasi, sopan santun, tepat waktu, tanggap  dan  tersedianya  sarana serta lingkungan fisik yang memadai. Kepuasan merupakan salah satu indikator sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapan.

Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Refleksi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Peserta Non BPJS Di Klinik Praktik Dokter Umum dr Agus Rudi Kurniawan MMR.

Metode :Jenis penelitian dengan kuantitatif diskriptif pendekatan cross sectional. Teknik sampling purposive sampling, sejumlah 90 responden. Teknik analisa data uji dengan univariat dengan tabel distribusi frekuensi. Pengumpulan data dilakukan dengan google form via whats up.

Hasil : Kepuasan pasien sebagian besar merasa puas sebanyak 79  (87.8%) pada pelayanan kesehatan di  praktik dokter umum. dan belum puas sebanyak 11 ( 12.2%) responden . Di ketahui hasil penelitian pasien merasa puas sebanyak 53 (59 %) berdasarkan penampilan fisik (Tangibles). Pasien sebagian besar merasa puas sebanyak 66 (73%) berdasarkan Kehandalan (Reliability). Pasien merasa puas sebanyak 73 (81%) berdasarkan Ketanggapan (Ressponsiveness). Pasien merasa puas sebanyak 66 (73%) berdasarkan jaminan (Assurance). Pasien merasa puas sebanyak 73 (81%) berdasarkan Empati (Empathy).

Simpulan :Berdasarkan dari analisis empat komponen diatas untuk penilaian semua atribut atau komponen yang ada di praktek klinik dokter sudah sangat memuaskan dari mulai  penampilan fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan  empati dari setiap pelayanan yang di berikan di praktik dokter umum dr. Agus RK MMR. Melihat kunjungan pasien yang sama (berulang) di klinik praktik dokter Agus di Siluk, pasien yang  lebih banyak memiliki jaminan Kesehatan , akan tetapi pasien lebih   memilih pelayanan yang umum yang sesuai dengan keinginan mereka, dan membuat mereka merasa puasa dengan  hasil  pengobatan maupun  saat proses  periksa



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.597



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |