ANALISIS GERAKAN SAYANG IBU DALAM MENURUNKAN AKI DAN AKB DI KABUPATEN SUKAMARA

Mail Denny Vira Sari(1*)
Mail Bayba Melda Suhita(2)
Mail Katmini Katmini(3)


(1) , Indonesia
(2) Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia, Indonesia
(3) Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Gerakan sayang ibu merupakan gerakan bersama dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi, gerakan yang  berkomitmen agar bersinergi dalam pelaksanaan program. Adanya perubahan sistem pemerintahan dan kebijakan sektor pemerintah, maka pelaksanaan Gerakan Sayang Ibu (GSI) perlu disesuaikan agar dapat bersinergi dan terintegrasi dengan program dan kegiatan lain yang ada pada daerah.

Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan tim, komitmen dan dukungan, sector terkait terhadap upaya menurunkan penyebab kematian ibu dan bayi   di kabupaten Sukamara.

Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif study kasus yang dilaksanakan di Kabupaten Sukamara. Informan utama dalam penelitian ini adalah Tim Kelompok Kerja Gerakan Sayang  Ibu Kecamatan yang berada di  Kabupaten  Sukamara berjumlah 9 orang serta informan Tiangulasi berjumlah 3 orang. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan puposive sampling.  Sumber data diperoleh dari  hasil wawancara mendalam (indep interview) dan FGD ( focus Group Discussion).

Hasil : Pelaksanaan Program GSI  Suami Siaga Program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi P4K belum berjalan, pembiayaan persalinan menggunakan BPJS dimana  untuk biaya  keluarga pendamping tidak termasuk, Bank darah belum terkoordinir ketika memerlukan darah pada saat emergency tidak tersedia, Strategi Gerakan Sayang Ibu, yaitu  strategi melibatkan organisasi PKK dalam pelaksanaan GSI belum maksimal terlaksana, masih terbatasnya kegiatan  yang menyesuaikan anggaran, kelompok kerja PKK IV adalah bidang kesehatan,  tidak semua memahami dan mampu bersinergi ketika dalam pelaksanaan. 

Simpulan : Pelaksanaan Program Gerakan Sayang Ibu dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Sukamara belum maksimal. Hambatan dalam pelaksaan program GSI perlu segera diatasi.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.594



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |