LITERATUR REVIEW: EFEKTIVITAS TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP PENURUNAN TINGKAT HALUSINASI PADA PASIEN GANGGUAN JIWA

Mail Krisnanda Aditya Pradana(1*)
Mail Satriyo Mowo Panuluh(2)
Mail Artha Budi Susila(3)
Mail Hendra Dwi Kurniawan(4)


(1) , Indonesia
(2) RSUD dr Sayidiman Magetan, Indonesia
(3) Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Al-Azhar, Indonesia
(4) Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Halusinasi adalah gangguan persepsi sensori dari suatu objek tanpa adanya rangsangan dari luar, gangguan persepsi sensori ini meliputi seluruh panca indra. Halusinasi merupakan salah satu gejala gangguan jiwa yang pasien mengalami perubahan persepsi sensori, serta merasakan sensasi palsu berupa suara Terapi musik merupakan salah satu bentuk dari teknik relaksasi yang tujuannya untuk memberikan rasa tenang, memabtu mengendalikan emosi, serta membantu menyembuhkan gangguan psikologi.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengethui efektivitas teknik terapi musik terhadap penurunan tanda gejala atu level pada pasien halusinasi pendengaran.

Metode : Metode dalam penelitian ini adalah metode studi literatur dengan menggunakan data sekunder hasil penelitian terdahulu yang merupakan jurnal jurnal hasil publikasi, yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh penelitian yakni dengan adanya kriteria inklusi dan ekslusi yang sistematis serta pencarian menggunakan Database Online.

Hasil : Artikel artikel ini  menerangkan bahwa teknik terapi musik dapat menurunkan atau mengurangi tanda dan gejala atau level pada pasien gangguan jiwa dengan masalah gangguan persepsi sensori halusinasi pendengaran oleh karena itu teknik ini dapat dilakukan oleh para perawat jiwa guna perawatan pada pasien gangguan jiwa.

Simpulan : Kesimpulan dalam penulisan Literatur Review ini adalah adanya pengaruh terapi musik terhadapa penurunan tanda gejala ataupun level halusinasi pada pasien gangguan jiwa dengan masalah gangguan persepsi sensori halusinasi pendengaran.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.592



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |