HUBUNGAN KADAR GLUKOSA DARAH DAN TEKANAN DARAH PADA ANGGOTA PROKLIM DI DESA PURBAYAN, BAKI, SUKOHARJO

Mail Gravinda Widyaswara(1*)
Mail Tata Wulandari(2)
Mail Alfira Candra Putri(3)


(1) , Indonesia
(2) Politeknik Santo Paulus Surakarta, Indonesia
(3) Politeknik Santo Paulus Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal atau kondisi hiperglikemi akibat kerusakan sekresi insulin, kinerja insulin, atau keduanya. Dua dari tiga orang penderita diabetes melitus memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hiperglikemia sering disertai dengan timbulnya sindrom metabolik yaitu hipertensi, dislipidemia, obesitas, disfungsi endotel dan faktor protrombotik yang kesemuanya itu akan memicu dan memperberat komplikasi kardiovaskuler.

Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan kadar glukosa darah dengan tekanan darah pada anggota proklim di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo.

Metode: Metode penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 45 orang dengan teknik accidental sampling. Penilaian kadar glukosa darah menggunakan alat glucometer. Sedangkan pengukuran tekanan darah menggunakan tensi meter air raksa. Analisis menggunakan uji korelasi Sperman Rank. Uji hipotesis korelatif antar kedua variable akan dilakukan pada taraf kepercayaan 95%. Uji korelasi dikatakan terdapat hubungan yang signifikan, apabila nilai p<0,05.

Hasil: Jumlah responden sebanyak 45 responden dengan rerata umur 20 – 80 tahun yang terdiri dari 36% laki – laki dan 64% perempuan. Adapun kadar glukosa darah dengan nilai 70 – 180 mg/dL (normal) sebesar 91%, tekanan darah sistolik dengan nilai 90 – 120 mmHg sebesar 51%, dan tekanan darah diastolik dengan nilai ≤ 80 mmHg sebesar 78%. Nilai signifikansi (p) untuk uji korelasi antara kadar glukosa darah dengan tekanan darah sistolik maupun diastolik lebih besar dari 0,05 (p>0,05) artinya tidak ada hubungan antara kadar glukosa darah dengan tekanan darah pada pemeriksaan anggota proklim di Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo.

Simpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara kadar glukosa darah dan tekanan darah pada anggota proklim Desa Purbayan, Baki, Sukoharjo



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.589



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |