MINAT IBU BALITA TERHADAP KUNJUNGAN KE POSYANDU GAWANAN KARANGANYAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Mail Ajeng Novita Sari(1*)


(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Posyandu merupakan kegiatan yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar peningkatan kualitas manusia secara empiric telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Pandemi covid-19 menghambat program posyandu yang memberikan pelayanan kesehatan penting bagi ibu dan anak di daerah.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat ibu balita terhadap kunjungan posyandu di tengah pandemi covid-19.

Metode : Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan variabel tunggal yaitu minat ibu balita terhadap kunjungan posyandu di tengah pandemi covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu balita yang ada di posyandu Gawanan Kabupaten Karanganyar sebanyak 40 ibu balita sedangkan tehnik pengambilan sampelnya dengan cara accidental sampling didapatkan sebanyak 30 orang ibu balita. Analisa data menggunakan jenis univariat disajikan menggunakan distribusi frekuensi.

Hasil : Minat ibu balita terhadap kunjungan ke posyandu ditengah pandemi covid-19 mayoritas sedang sejumlah 18 responden (60.0%) sedangkan sisanya kategori tinggi sejumlah 12 responden (40.0%), Karakteristik responden mayoritas multipara sejumlah 22 orang (73.3), karakteristik responden mayoritas berumur 31-35 tahun sejumlah 9 orang (30.0% ), tingkat pendidikan responden mayoritas SD sejumlah 9 orang (30.0). Minat ibu balita terhadap kunjungan ke posyandu Gawanan berdasarkan karakteristik responden mayoritas dengan kategori sedang, multipara sejumlah 22 responden(73.3%), umur 31-35 tahun sejumlah 9 responden (26.7%), pendidikan SD sejumlah 9 responden (30.0%).

Simpulan : Dari hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar adalah sebagian besar minat ibu balita berkunjung ke posyandu Gawanan di tengah pandemic covid-19 adalah sedang.




DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v5i1.587



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |