HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PERAWAT DALAM MENGATASI STRES HOSPITALISASI PADA ANAK PRA SEKOLAH DI RUMAH SAKIT UMUM FITRI CANDRA WONOGIRI

Mail Ahmad Samsul Bahri(1*)
Mail Sri Sayekti Heni Sunaryanti(2)
Mail Daryanti Daryanti(3)


(1) , Indonesia
(2) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(3) RS Fitri Candra Wonogiri, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Hospitalisasi pada anak merupakan suatu proses yang terjadi karena suatu alasan yang direncanakan atau darurat sehingga mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit. Pengetahuan, sikap dan perilaku perawat yang baik dalam mengatasi dampak hospitalisasi diharapkan dapat membantu mengatasi stres hospitalisasi pada anak.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku perawat dalam mengatasi stres hospitalisasi pada anak pra sekolah di Rumah Sakit Umum Fitri Candra Wonogiri.
Metode: Metode penelitian adalah deskripsi kolerasi, pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 25 perawat Rawat Inap dan 25 pasien anak dengan hospitaslisasi. Teknik sampel menggunakan Sampling Jenuh. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku, tingkat stres hospitalisasi menggunakan DASS. Analisis data menggunakan uji statistik Fisher exact dan Regresi linier berganda.
Hasil: Sebanyak 16 responden (64%) dengan pengetahuan baik, 9 responden ((36%) dengan pengetahuan kurang baik. Terdapat 18 responden (72%) dengan sikakp positif, 7 responden (28%) dengan sikap negatif. Terdapat 14 responden (56%) dengan perilaku baik dan 11 responden (44%) dengan perilaku kurang baik. Sebanyak 13 anak dengan stres ringan (52%) dan 12 responden dengan stres sedang (48%). Hasil uji Fisher exact hubungan pengetahuan dan stres hospitalisasi p =0,041.
Hubungan sikap dan stres hospitalisasi diperoleh p =0,030. Hubungan perilaku dan stress stres hospitalisasi diperoleh p =0,047. Persamaan regresi linier berganda Y = 39,573 - 0,629 X1-0,216X2-0,709X3.
Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku perawat dalam mengatasi stres hospitalisasi pada anak pra sekolah. Faktor perilaku perawat merupakan faktor paling berpengaruh terhadap tingkat stres hospitalisasi anak pra sekolah

Keywords


Pengetahuan, sikap, perilaku, stres hospitalisasi.

References


A. Wawan dan Dewi, 2010, Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia, Yogyakarta : Nuha Medika

Aeni, W. N, 2019 Pengaruh Ketua Tim Terhadap Kinerja Perawat di Kabupaten Indramayu. Vol 7 No 1, Januari 2019 – Juni 2019

Azwar, S, 2015, Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka. Belajar

Damaiyanti, M, 2019, Hubungan Antara Kecemasan Dengan Kinerja Perawat di RS. Jiwa Atma Husada Mahakam Samarinda. Jurnal Ilmu Kesehatan Vol 7 No 1 2019

Dewi, P, Sufriani, 2017, Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Banda Aceh. Volume 1 Nomer 2, 2017

Hulinggi I, 2018, Hubungan Sikap Perawat dengan Stres Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Pra Sekolah di RSU Pancaran Kasih GMIM Manado. e- journal Keperawatan (e-Kp) Volume 6 Nomor 1, Mei 2018

Herlia Sumardha Nasution, Diwan Risfan Sari, 2017, Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Perawat Terhadap Dampak Hospitalisasi Pada Anak Pra Sekolah Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Malahayati. Jurnal Ilmiah Umum Dan Kesehatan, Vol: 4, No 1, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RS Haji Medan

Lidia G, Y. I, 2013, Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Stres Hospitalisasi Pada Anak Usia Toddler Di Irina E BLU RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. EJurnal Keperawatan, Volume 1 No 1

Notoatmodjo, S, 2016, Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Potts & Mandleco, 2017, Pediatric Nursing; Caring for Children and Their Families. 3rd ed. Clifton Park. New York

Sartika, Z, 2017, Hospitalisasi Mempengaruhi Tingkat Kecemasan Anak Toddler. Vol. 3 No. 2, 2017

Siagian, E, 2020, Pengetahuan dan Sikap Perawat tentang Perawatan Paliatif di Rumah Sakit. Indonesian Nursing Scientific Journal. Volume 10, Nomer 03, 2020

Somantri, I, 2016, Efektifitas Terapi Mendongeng Terhadap Kecemasan Anak Usia Toddler dan Prasekolah Saat Tindakan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, Volume 4 Nomor 3, Desember 2016

Sue, D.C, 2010, Fundamentals of nursing: Standards & practice, (2nd Ed.). New York: Delmar

Suparno, 2019, Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Stress Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Ibnu Soetowo Baturaja. Jurnal Keperawatan Sriwijaya , Volume 6 - Nomor 1, Januari 2019,

Wong D. L., Huckenberry M.J, 2014, Wong’s Nursing care of infants and hildren. Mosby Company, St Louis




DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v4i1.458



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |