GAMBARAN PENGETAHUAN KADER TENTANG GIZI KURANG PADA BALITA DI KELURAHAN REJOSO KLATEN

Mail Ajeng Novita Sari(1*)
Mail Danik Riawati(2)


(1) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(2) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Upaya penanggulangan gizi kurang sebenarnya sudah dilakukan melalui pembinaan kader-kader posyandu, dan juga melalui penyuluhan gizi. Pentingnya pengetahuan kader tentang gizi kurang adalah agar kader mampu memberikan penyuluhan secara langsung pada ibu balita yang balitanya mengalami gizi kurang.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan kader tentang gizi kurang pada balita di Kelurahan Rejoso Klaten.
Metode : Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kader di Kelurahan Rejoso Klaten dengan jumlah 30 kader. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan jenis distribusi frekuensi
Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan kader mayoritas berpengetahuan cukup sejumlah 24 kader (80%). Berdasarkan karakteristiknya sebagian besar kader berumur 36-45 tahun sejumlah 11 responden (36,7%), berpendidikan SD sejumlah 13 responden (43,3%), lama menjadi kader 6-10 tahun sejumlah 18 responden (60%), dan pekerjaan nya tidak bekerja sebanyak 21 responden (70%).
Simpulan : Dalam penelitian ini pengetahuan kader tentang gizi kurang pada balita di Kelurahan Rejoso Klaten termasuk dalam kategori cukup.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v2i1.267







Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |