UJI STABILITAS FORMULA OPTIMAL SEDIAAN TOPIKAL EKSTRAK BIJI LABU KUNING (Cucurbita Maxima)

Mail Istianatus Sunnah(1*)
Mail Wening Sri Mulasih(2)
Mail Septi Mariani(3)
Mail Agitya Resti Erwiyani(4)


(1) Program Studi Farmasi Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, Indonesia
(2) Program Studi Farmasi Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, Indonesia
(3) Program Studi Farmasi Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, Indonesia
(4) Program Studi Farmasi Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Sediaan topikal antiaging sangat diminati kaum hawa terutama yang mengandung senyawa herbal karena mudah digunakan. Beberapa formula topikal yang masih banyak digunakan antara lain, krim dan masker gel. Labu kuning dan bijinya merupakan salah satu tanaman yaang memiliki antioksidan tinggi dan belum dimanfaatkan sebagai sediaan topikal.
Tujuan: Formula masker gel peel-off dan krim memiliki beberapa bahan tambahan yang akan berpengaruh terhadap kestabilan sediaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlu adanya optimasi formula sehingga didapatkan formula optimal yang memiliki stabilitas dalam penyimpanan jangka lama.
Metode : Optimasi formula menggunakan Design Expert dengan parameter stabilitas meliputi daya sebar, daya lekat, viskositas, pH, waktu kering. Pengaruh waktu penyimpanan terhadap parameter stabilitas tersebut diuji menggunakan t-Test dengan taraf kepercayaan 95%.
Hasil : analisa menunjukkan formula optimal masker gel peel-off biji labu kuning lebih stabil dalam penyimpanan tetapi memiliki waktu kering yang cukup lama karena konsnetrasi PVA tidak optimal. Sedangkan sediaan krim biji labu kuning, mengalami perubahan meskipun tidak berbeda signifikan.
Simpulan: Secara umum, formula optimal masker gel peel-off dan krim ekstrak biji labu kuning stabil selama penyimpanan 1 bulan, tetapi memiliki waktu kering yang lama.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v2i1.259







Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |