PENGETAHUAN IBU YANG MEMILIKI BAYI DAN BALITA TENTANG KAPSUL VITAMIN A DI BPM DYAH WIDYA KISMOYOSO NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN 2018

Mail Catur Setyorini(1*)


(1) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang Masalah: Vitamin A adalah zat gizi yang paling esensial, hal itu dikarenakan konsumsi makanan kita belum mencukupi dan masih rendah sehingga harus dipenuhi dari luar. Kekurangan Vitamin A (KVA) dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh balita serta meningkatkan risiko kesakitan dan kematian. Kekurangan Vitamin A juga merupakan penyebab utama kebutaan pada anak yang dapat dicegah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengetahuan ibu yang memiliki bayi balita tentang kapsul vitamin A di BPM Dyah Widya Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun 2018 dengan karakteristik usia dan paritas.
Desain penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi dan balita yang dijumpai saat dilakukan penelitian pada bulan Maret 2018 di BPM Dyah Widya Kismoyoso Ngemplak Boyolali sejumlah 30 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dengan analisis Univariate menggunakan rumus distribusi frekuensi.
Hasil penelitian: Karakteristik responden mayoritas berusia 26-35 tahun sejumlah 18 responden (60%), mayoritas multipara sejumlah 25 responden (83,3%) dan tingkat pengetahuan responden berpengetahuan baik sejumlah 16 responden (53,3%) dan pengetahun cukup sejumlah 14 responden (46,7%).
Simpulan: Dalam penelitian ini mayoritas pengetahuan ibu yang memiliki bayi balita tentang kapsul vitamin A di BPM Dyah Widya Kismoyoso Ngemplak Boyolali tahun 2018 dalam kategori baik.
Kata Kunci: Pengetahuan, Kapsul Vitamin A



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v1i1.197







Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |