HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN IBU HAMIL TRIMESTER III DENGAN BERAT LAHIR BAYI

Mail Sab’ngatun Sab’ngatun(1*)
Mail Rohmi Rohmi(2)
Mail Joko Tri Atmojo(3)
Mail Lilik Hanifah(4)
Mail Nu Aysah(5)


(1) , Indonesia
(2) STIKES Mambaul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(3) STIKES Mambaul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(4) STIKES Mambaul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(5) STIKES Mambaul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang Penyebab kematian neonatal tertinggi adalah BBLR (berat badan lahir rendah), salah satu penyebab bayi lahir dengan BBLR yakni anemia, kadar hemoglobin rendah menyebabkan darah sedikit mengangkut oksigen dan nutrisi ke janin sehingga janin mengalami gangguan pertumbuhan selama di dalam rahim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kadar hemoglobin ibu hamil trimester III dengan berat lahir bayi.

Metode penelitian ini survey analitik dengan pendekatan crossectional. Populasi sebanyak 70 responden dengan menggunakan accidental sampling, maka sampel dalam penelitian ini adalah sebagian ibu yang melahirkan pada bulan Oktober 2023 sebanyak 40 responden. Alat pengumpulan data menggunakan master tabel, metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Pengolahan data pada analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi, analisis bivariat menggunakan chi square.

Hasil penelitian ini mayoritas ibu hamil trimester III tidak anemia 24 responden (60%), berat bayi lahir mayoritas kategori normal 33 responden (82,5%) dan ada hubungan yang signifikan antara kadar haemoglobin ibu hamil trimester III dengan berat lahir bayi (p-value = 0,004) dan Odss Ratio 95% CI = 16.000 (1.684 – 152.009) ini berarti ibu hamil dengan kadar hemoglobin rendah akan berpotensi 16 kali melahirkan bayi berat badan lahir rendah.

Simpulan terdapat hubungan antara kadar haemoglobin ibu hamil trimester III dengan berat lahir bayi.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v7i1.1038



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |