MEKANISME SEROTONIN PADA SALURAN PENCERNAAN: A SYSTEMATIC REVIEW

Mail Aulia Mahdaniyati S(1*)


(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Serotonin merupakan salah satu molekul yang paling banyak terdapat dalam sistem gastrointestinal (GI) dan mempengaruhi berbagai fungsi fisiologis, seperti motilitas, sekresi, dan sensitivitas visceral.

Tujuan penelitian: Mengetahui mekanisme serotonin pada saluran pencernaan.

Metode: Penelitian ini menggunakan systematic review, dengan data Pubmed, DOAJ, dan MDPI. Kata kunci yang digunakan antara lain, “serotonin mechanisms in gastrointestinal tract” OR “serotonin mechanisms” AND “gastrointestinal” OR “digestive tract”.

Hasil: Pencarian dari database yang digunakan ditemukan sebanyak 210 artikel dan hasil akhir berupa 8 artikel yang memenuhi syarat inklusi dan eksklusi.

Simpulan: Penelitian menemukan bahwa serotonin memiliki peran penting dalam mengatur motilitas, sekresi, dan sensitivitas visceral di dalam saluran pencernaan, dan gangguan dalam sistem serotonin dapat berkontribusi pada berbagai gangguan pencernaan



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v7i1.1034



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |