PERBEDAAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG TRIPEL ELIMINASI SEBELUM DAN SESUDAH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN BOOKLET

Mail Desi Wijayanti Eko Dewi(1*)
Mail Shinta Ika Sandhi(2)


(1) , Indonesia
(2) Universitas Bhakti Kencana, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang :  Eliminasi penularan HIV, sifilis dan hepatitis B dari ibu ke anak dalam program tripel eliminasi perlu dilakukan penanggulangan yang terintegrasi, komprehensif berkesinambungan, efektif dan efisien  dengan indikator berupa infeksi baru HIV, sifilis dan atau hepatitis B pada anak kurang dari atau sama dengan 50/100.000 kelahiran hidup. Pelaksanaan tripel eliminasi dilakukan melalui promosi kesehatan, surveilans kesehatan, deteksi dini dan atau penanganan kasus. Pengetahuan ibu hamil dapat ditingkatkan dengan melakukan edukasi menggunakan media booklet yang mengutamakan pesan-pesan visual dalam bentuk buku baik berupa tulisan atau gambar.

Tujuan : Menganalisis perbedaan pengetahuan ibu hamil tentang tripel eliminasi sebelum dan sesudah pemberian edukasi dengan booklet.

Metode : Jenis penelitian adalah pre eksperimen, dengan desain one group pre test and post test design menggunakan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data secara observasi menggunakan kuesioner pada 33 responden. Analisa data yang digunakan secara univariat dan bivariat menggunakan  uji pair ”t” test Wilcoxon.

Hasil : Pengetahuan ibu hamil sebelum pemberian edukasi didapatkan nilai mean 52,67, dengan standar deviasi 15,753, sedangkan pengetahuan ibu hamil sesudah pemberian edukasi didapatkan nilai mean 91,30dengan standar deviasi 11,698.

Simpulan : Terdapat perbedaan pengetahuan ibu hamil tentang tripel eliminasi yang bermakna antara sebelum dan sesudah pemberian edukasi dengan booklet.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v7i1.1030



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |