PENERAPAN INTENSITY TRANSFER FUNCTION (ITF) PADA MRI EKTREMITAS KLINIS SOFT TISSUE TUMOR TERHADAP SKALA VISUAL MARGIN TUMOR

Mail Ike Ade Nur Liscyaningsi(1*)


(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Pemeriksaan MRI Ekstremitas dengan klinis Soft Tissue Tumor terkendala pada koil yang tidak cukup dengan objek yang membesar. Solusi yang sering digunakan adalah dengan menggunakan koil yang lebih besar. Penggunaan koil yang tidak sesuai akan berdampak pada penurunan kualitas citra yang dapat dilihat dari hasil penelitian sebelumnya. Cara untuk meningkatkan kualitas citra adalah dengan menaikkan NEX, namun dengan menaikkan NEX akan menaikkan scan time dan berdampak pada kenyamanan pasien sehingga akan membuat pergerakan yang bisa menimbulkan artefak. Intensity Transfer Functin (ITF) dilakukan untuk membantu perbaikan kualitas dan informasi citra tanpa menaikkan NEX.

Tujuan penelitian: Menilai skala visual margin tumor dari citra MRI Ekstremitas dengan klinis Soft Tissue Tumor.

Metode penelitian: Desain penelitian ini adalah eksperimen pada citra MRI Ekstremitas klinis Soft Tissue Tumor dengan sekuen Proton Density Fat Saturation. Citra yang dihasilkan diberikan teknik ITF. Penilaian dilakukan antara sebelum dan setelah teknik ITF terhadap skala visual margin tumor.

Hasil: Skala visual margin tumor sebelum dan sesudah penerapan Intensity Transfer Function (ITF) pada Citra MRI Ektremitas dengan klinis Soft Tissue Tumor memiliki p-value sebesar 0,001. Maka dinyatakan ada beda nilai skala visual margin tumor pada citra MRI Ektremitas sebelum dan sesudah penerapan ITF. Memperbaiki citra menggunakan ITF mampu menjadikan citra beresolusi tinggi. Citra yang memiliki resolusi tinggi menyebabkan margin pada setiap objek jelas dan tegas sehingga citra dapat memberikan informasi anatomi yang terperinci.

Simpulan: Citra MRI Ektremitas dengan klinis Soft Tissue Tumor sesudah penerapan Intensity Transfer Function (ITF) memiliki skala visual margin yang lebih baik dibanding sebelumnya.



DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v7i1.1027



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |