ANALISIS PERBANDINGAN KOMPOSISI PASIR DAN SEMEN UNTUK MENDAPATKAN BETON YANG TAHAN RADIASI SINAR X

Mail Fisnandya Meita Astari(1*)
Mail Muhammad Fakhrurreza(2)
Mail Edwin Viky Hidayat(3)


(1) , Indonesia
(2) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Radiasi sinar-X banyak digunakan di berbagai bidang, seperti medis, industri, dan penelitian. Namun, radiasi eksternal dari sinar-X dapat membahayakan kesehatan manusia, seperti kanker dan mutasi gen.expand_more Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengendalikan bahaya radiasi tersebut. Salah satu cara untuk mengendalikan bahaya radiasi eksternal adalah dengan menggunakan perisai radiasi. Perisai radiasi adalah material yang mampu menyerap atau meredam radiasi sehingga tingkat radiasi yang dipancarkan ke lingkungan dapat diminimalisir. Beton merupakan salah satu material yang potensial untuk perisai radiasi.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan campuran beton dengan komposisi pasir dan semen yang mampu menghasilkan nilai koefisien atenuasi linier yang baik untuk perisai radiasi sinar-X.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan membandingkan variasi komposisi campuran semen dan pasir. Variasi yang diuji adalah 1s:1p, 1s:2p, 1s:3p, 1s:4p, 1s:5p, 1s:6p, dan 1s:7p (semen:pasir). Pengujian dilakukan di Laboratorium Radiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Sampel beton dengan variasi komposisi yang berbeda-beda dibuat dan diuji dengan menggunakan sinar-X dengan energi 60 keV. Nilai koefisien atenuasi linier dan HVL (Half Value Layer) dihitung untuk setiap variasi komposisi.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi beton dengan perbandingan 1s:5p memiliki nilai koefisien atenuasi linier terbaik dibandingkan variasi lainnya. Nilai rata-rata koefisien atenuasi linier untuk 1s:5p adalah 0,837613415 cm-1, dengan nilai HVL rata-rata 0,827540186 cm. Nilai koefisien atenuasi linier yang tinggi menunjukkan bahwa beton dengan variasi 1s:5p mampu meredam radiasi sinar-X dengan baik.

Simpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beton dengan komposisi semen dan pasir 1s:5p dapat menjadi pilihan yang baik untuk perisai radiasi sinar-X.




DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v7i1.1026



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |