HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DENGAN SKOR PRENATAL ATTACHMENTHUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DENGAN SKOR PRENATAL ATTACHMENT

Mail Corrynia Indarti Dinti Lestari(1*)
Mail Cesa Septiana Pratiwi(2)


(1) , Indonesia
(2) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Kecemasan dan depresi pada ibu hamil akan mempengaruhi peran ibu dalam perawatan anak. Efek jangka panjang kondisi kecemasan yang tidak teratasi dapat mengakibatkan gangguan psikologis yang akan mempengaruhi perawatan diri dan janin selama kehamilan hinga pasca persalinan. Selain itu, kecemasan yang berlebihan juga dapat mempengaruhi hubungan ibu dengan janin, padahal hubungan ini harus terjalin dengan baik selama kehamilan untuk menunjang pertumbuhan kognitif, motorik dan sosial anak setelah dilahirkan. Hubungan ini yang dinamakan dengan prenatal attachment.

Tujuan penelitian: Mengetahui hubungan tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III dengan skor prenatal attachment.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, metode cross sectional dan menggunakan Total Sampling. Penelitian ini menggunakan 64 responden yang dimulai pada bulan April 2023 hingga Mei 2023 dengan instrumen Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dan Prenatal Attachment Inventory (PAI). Uji statistik ini menggunakan non parametrik yaitu Spearman Rank.

Hasil: Menunjukan p-value 0,000 (<0.05) dan koefisien korelasi sebesar -0.649 yang berarti semakin tinggi tingkat kecemasan ibu hamil, maka skor prenatal attachment ibu semakin rendah.

Simpulan: Menujukan bahwa adanya hubungantingkat kecemasa dan skor prenatal attachment dan penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran bagi tenaga kesehatan untuk tetap memperhatikan kondisi psikologis ibu karena dapat berkolerasi dengan skor prenatal attachment sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ibu dan bayinya saat hamil maupun di masa depan.

 




DOI: https://doi.org/10.36419/avicenna.v7i1.1024



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Avicenna : Journal of Health is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Avicenna : Journal of Health is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |