HUBUNGAN MINAT MASUK PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN DENGAN PRESTASI BELAJAR KONSEP KEBIDANAN

Mail Siti Maesaroh(1*)


(1) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberhasilan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari diri peserta didik, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat masuk Prodi DIII Kebidanan dengan prestasi belajar Konsep kebidanan pada mahasiswa Akademi Kebidanan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi, analisa data menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan menggunakan SPSS. Hubungan antara minat masuk prodi DIII Kebidanan dengan prestasi belajar konsep kebidanan mempunyai koefisien korelasi sebesar 0,615 dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05).
Ada hubungan positif yang signifikan antara minat masuk Program Diploma III Kebidanan dengan prestasi belajar Konsep Kebidanan pada mahasiswa Akademi Kebidanan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
Kata kunci : minat, prestasi belajar



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v5i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan Indonesia