EFEK PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP TEKANAN DARAH : SCOPING REVIEW

Mail Catur Setyorini(1*)
Mail Ismarwati Ismarwati(2)


(1) , 
(2) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Jenis kontrasepsi hormonal banyak digunakan di dunia karena terbukti efektif dalam mencegah kehamilan. Perubahan tekanan darah sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal, risiko terjadinya hipertensi berkisar 13% selama 5 tahun penggunaan, yang mana kondisi ini dapat mengancam kesehatan wanita.

Tujuan: Scoping review ini bertujuan untuk memetakan bukti yang ada tentang penggunaan kontrasepsi hormonal pada wanita menyebabkan perubahan tekanan darah.

Metode: Desain penelitian scoping review menggunakan PRISMA-ScR Ceklist.

Pencarian database dari Pubmed, Proquest, Wiley Online Library, EBSCO dan Science Direct dilakukan tahun 2017-2021, dan dapat diakses secara gratis, dengan kata pencarian (((((women) OR (mother)) AND (hormonal contracept*)) OR (oral contracept*)) AND (blood pressure) selanjutnya artikel yang dipilih dilakukan Critical Appraisal menggunakan ceklist Joanna Briggs Institute.

Hasil: Didapatkan 10 artikel yang telah diseleksi dari 1711 artikel berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, dengan desain penelitian kuantitatif semua, yang di gambarkan dalam dua tema yaitu jenis kontrasepsi hormonal dan lama penggunaan kontrasepsi hormonal. Sebagian besar literature memberikan gambaran yg signifikan mengenai penggunaan kontrasepsi hormonal dengan perubahan tekanan darah.

Simpulan: Kontrasepsi hormonal efektif mencegah kehamilan apabila digunakan dengan benar, penggunaan kontrasepsi hormonal dapat meningkatkan perubahan tekanan darah yang beresiko terjadinya hipertensi dan hal ini juga dipengaruhi oleh lama penggunaan kontrasepsi hormonal.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i2.634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.