HUBUNGAN PEKERJAAN IBU BALITA TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU PRIMA SEJAHTERA DESA PANDEAN KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2009

Mail Etik Sulistyorini(1*)
Mail Tri Rahayu(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah gizi disamping merupakan sindroma kemiskinan yang erat kaitannya dengan masalah ketahanan pangan tingkat rumah tangga juga menyangkut aspek pengetahuan dan perilaku yang kurang mendukung pola hidup sehat. Desa Pandean Kecamatan Ngemplak Boyolali, pada tahun terdapat gizi kurang sebanyak 16% dan sangat kurus sebanyak 5,5%, serta pertumbuhan balita berupa berat badan tidak naik dengan rata-rata 30% per bulan pada tahun 2008. Status gizi balita dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi usia, kondisi fisik, infeksi dan asupan makan. Faktor eksternal meliputi pendapatan keluarga, pendidikan, pekerjaan orang tua, budaya, dan pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pekerjaan ibu balita terhadap status gizi balita di Posyandu Prima Sejahtera Desa Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2009.

Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah 75 ibu yang memiliki balita dan balita di Desa Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali pada bulan Maret 2009. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan master tabel. Analisis data penelitian analisis univariat yaitu menggunakan tabel distribusi frekuensi, dan analisis bivariat yaitu menganalisis hubungan pekerjaan ibu dengan status gizi balita menggunakan Chi Square dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan karakteristik ibu balita sebagian besar berumur 31 – 40 tahun yaitu 51 responden (68%), berpendidikan SMP yaitu 36 responden (48%), dan pekerjaan ibu rumah tangga yaitu 36 responden (48%), status pekerjaan Ibu balita sebagian besar adalah bekerja yaitu 39 responden (52%), status gizi balita sebagian besar baik yaitu 46 responden (61%), dan hasil uji Chi Square diperoleh nilai (c2) sebesar 10,222 dan c2tabel dengan dk 2 dan tingkat signifikansi 5% adalah 5,991 sehingga c2hitung > c2tabel dan (p-value) 0,006 < 0,05, sehingga terdapat hubungan pekerjaan ibu balita terhadap status gizi balita di Posyandu Prima Sejahtera Desa Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2009.

Simpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan pekerjaan ibu balita terhadap status gizi balita di Posyandu Prima Sejahtera Desa Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun 2009.

 

Kata kunci: pekerjaan ibu balita, status gizi, balita




DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v1i2.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.