KEBIASAAN MINUM JAMU KUNYIT ASAM DALAM MENGATASI KELUHAN DISMENOR PADA REMAJA PUTRI

Mail Rosi Kurnia Sugiharti(1*)
Mail Dina Febriana(2)


(1) , Indonesia
(2) Universitas Harapan Bangsa Purwokerto, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Perubahan perkembangan biologis, ditandai dengan keremajaan secara biologi yaitu di mulainya haid (menstruasi). Pada masa remaja ini biasanya dismenorea yang dialami adalah dismenorea primer. Nyeri haid dapat diatasi dengan kebiasaan minum jamu kunyit asam.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebiasaaan minum jamu kunyit asam terhadap keluhan dismenor pada remaja putri.
Metode: Model penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan croosectional. Kelompok dibedakan antara kelompok yang mempunyai kebiasaan minum jamu kunyit asam dan tidak. Teknik Sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan ada 60 remaja putri. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan distribusi frekuensi dan Chi Square.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja putri yang tidak memiliki kebiasaan mengkonsumsi jamu kunyit asam mempunyai kemungkinan mengalami dismenorea primer sebesar 0,0306 kali lebih besar daripada remaja putri yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi jamu kunyit asam.
Simpulan: Remaja putri yang mempunyai kebiasaan minum jamu kunyit asam tidak mengalami keluhan dismenor

References


Andira, Dita. 2012.Seluk Beluk Kesehatan Reproduksi Wanita: Jogjakarta:A Plus Books.

Anurogo, Dito. 2011.Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta: ANDI

Badan Pengawasan Obat dan Makanan RI. 2013. Formularium Ramuan Etnomedisin Obat Asli Indonesia Volume III. Jakarta: Badan POM RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Pembuatan Jamu Segar yang Baik dan Benar. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan

Kusmiran, Eny. 2011. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika

Leli, Rahmawati & Atik. 2011.Pengaruh kunyit asam terhadap penanganan nyeri haidpada siswi kelas xi sma negeri 1 sugihwaras. http://journalakes.files.com/2012/06/jurnal-akes-rajekwesi-vol-4 nomor 2 p.1-6 pdf diakses 8 Juni 2021 Jam. 14.00 WIB.

Marlina, E. 2012.Pengaruh minuman kunyitterhadap tingkat nyeri dismenore primerpada remaja putridi SMA N 1 TanjungMutiara Kab. Agam. http://repository.unand.ac.id/id/eprint/17914 diakses 8 Juni 2021 jam 10.00 WIB

Siagian.Sondang P. 2012.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta :Bumi Aksara

Sina, M. Yusuf. 2012. Khasiat super minumanalami tradisional beras kencur & kunyitasam menyehatkan dan menyegarkan tubuh tanpa efek Samping.Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia

Sujarweni W. 2012. Statistik Untuk Penelitian . Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta CV.

Utami, P. 2012. Antibiotik Alami untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Jakarta : Agro Media Pustaka

Wijayanti, dkk. 2016. Karakteristik Leather Kunyit Asam.http : Jurnal Pangan dan Agroindustri Vol. 4 No 1 p.158-169, diakses tanggal 8 Juni 2021 jam 12.00 WIB




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v12i2.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.