PENGARUH PEMBERIAN MODIFIKASI EDUKASI BOOKLET GIZI BALITA DAN COOKING CLASS TERHADAP PENGETAHUAN DAN POLA PEMBERIAN MAKAN BALITA
Abstract
Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian boklet edukasi gizi balita dan cooking class pada ibu balita terhadap pengetahuan dan pola pemberian makan balita. Metode: Rancangan penelitian menggunakan quasi-eksperimental pre-test dan post-test control design group. Besar sampel sebanyak 30 untuk kelompok intervensi dan control. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Analisa data dengan uji paired t test pada dengan p-value <0,05 pada intervensi kepercayaan 95%.
Hasil: Pemberian booklet edukasi gizi balita dan cooking class pada ibu balita meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki balita sebanyak 1,15 kali meskipun secara statistik tidak signifikan (p<0.85; CI: 0.51-2.63). Pemberian edukasi gizi dan cooking class memberikan perubahan sikap ibu yang memiliki balita dalam pola pemberian makan pada balitanya (p<0.00; CI: 2.73-22.88)
Simpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan pada ibu balita yang diberikan edukasi booklet gizi balita dan cooking class sebanyak 1,15 kali dan 7 kali lipat terhadap perubahan sikap pemberian pola makan balita
Kata kunci: Booklet, cooking class, gizi balita
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adriani, M., & Kartika, V. (2013). Pola Asuh Makan Pada Balita Dengan Status Gizi Kurang Di Jawa Timur, Jawa Tengah Dan Kalimantan Tengah, Tahun 2011. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 16(2 Apr).
Chabibah, N. U. R., Kristiyanti, R., & Khanifah, M. (2019). Inisiasi Pembentukan Demonstrasi Plot Area Kampung Kelor Untuk Pencegahan Stunting.Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR),2, 465-469.
DAMANIK, E.N., 2020. Pengaruh Penyuluhan Tentang Anemia Dengan Media Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswi SMA Swasta Trisakti Lubuk Pakam.
Esmeralda, Nopri. "Pengaruh MediaPenyuluhan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Diare Pada Anak Di Puskesmas Batu Aji Kota Batam 2018."Zona Kedokteran: Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Batam9, No. 2 (2020): 53-61.
Karaki, K. B., Kundre, R., & Karundeng, M. (2016). Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Perilaku Sulit Makan Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di Taman Kanak-Kanak Desa Palelon Kec. Modoinding Minahasa Selatan. JURNAL KEPERAWATAN, 4(1).
Kesuma, A., Novayelinda, R., & Sabrian, F. (2015). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Kesulitan Makan Anak Prasekolah. JOM, 2(2).
Jurnal Kebidanan Indonesia. Vol 11 No 2. Juli 2020 (48-55)Pengaruh Pemberian Modifikasi Edukasi Booklet Gizi Balita Dan Cooking Class Terhadap Pengetahuan Dan Pola Pemberian Makan Balita(Nur Chabibah, Milatun Khanifah, Rini Kristiyanti)55
Laksono, A.D. And Megatsari, H., 2020. Determinan Balita Stunting Di Jawa Timur: Analisis Data Pemantauan Status Gizi 2017.Amerta Nutrition,4(2), Pp.109-115.
Putri, R. And Nuzuliana, R., 2020. Penatalaksanaan Efektif Dalam Rangka Peningkatan Pertumbuhan Anak Pada Kasus Stunting.Jurnal Kesehatan Vokasional,5(2), Pp.110-123.
Rini, W.N.E., 2020. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Tentang Stunting Di Puskesmas Rawasari Kota Jambi Tahun 2019.Jurnal Kesmas Jambi,4(1), Pp.23-27.
Sa'Diyah, H., Sari, D.L. And Nikmah, A.N., 2020. HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DENGAN STATUS GIZI PADA BALITA.Jurnal Mahasiswa Kesehatan,1(2), Pp.151-158.
Wahyuningsih, N. P., Nadhiroh, S. R., & Adriani, M. (2016). Media Pendidikan Gizi Nutrition Card Berpengaruh Terhadap Perubahan Pengetahuan Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 10(1), 26-31.
Yanti, N.D., Betriana, F. And Kartika, I.R., 2020. Faktor Penyebab Stunting Pada Anak: Tinjauan Literatur.Real In Nursing Journal,3(1), Pp.1-10.
Zulaekah, S. (2012). Pendidikan Gizi Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 127-133.
DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v11i2.372
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Kebidanan Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.