PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAKTIKUM PEER TEACHING TERHADAP PRAKTIK VULVA HYGIENE PADA MAHASISWA DIII KEBIDANAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNS
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran praktikum peer teaching terhadap praktik vulva hygiene pada mahasiswa DIII kebidanan FK UNS.
Metode Penelitian: Pre-experimental dengan rancangan pretest-posttest one group design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu 36 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan checklist penilaian praktik vulva hygiene. Penelitian ini menggunakan uji statistik paired t-test.
Hasil Penelitian: Hasil praktik vulva hygiene sebelum diberikan metode pembelajaran praktikum peer teaching didapatkan rerata 66,36 dan setelah diberikan metode pembelajaran praktikum peer teaching didapatkan rerata 82,39. Dari hasil penelitian didapatkan nilai t sebesar 31.909 dan p sebesar 0.000.
Simpulan: Ada pengaruh metode pembelajaran praktikum peer teaching terhadap praktik vulva hygiene pada mahasiswa DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran UNS.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arif M., 2009. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Pergaulan Peer Group dengan Prestasi Belajar Sosiologi kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Gemolong Tahun 2008/2009. Universitas Sebelas Maret. Skripsi
Arjanggi R dan Titin S., 2010. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasarkan Regulasi Diri. Makara:Sosial Humaniora.Volume:14 No:2, pp.91-97.
Budiman dan Agus R., 2013. Kapita Selekta Kuesioner. Jakarta, Salemba Medika, pp.4.
Blanch S., Duran D., Valdebenito V., & Flores M., 2013. The Effects And Characteristics Of Family Involvement On A Peer Tutoring Programme To Improve The Reading Comprehension Competence. European Journal of Psychology of Education, 28(1), 101-119.
Bowman PL., Davis H., Vannest K., Williams L., Greenwood C., & Parker R., 2013. Academic Benefits Of Peer Tutoring: A Meta-Analytic Review Of Single Case Research. School Psychology Review, 42(1), 39-55.
Depdiknas., 2010. Pengembangan Perangkat Penilaian Psikomotor. Jakarta, Depdiknas.
Djamarah SB dan Aswan Z., 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Rineka Cipta, pp. 26-28.
Hafizah., 2013. Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar di Kelas V Sekolah Dasar Kota Pontianak. Universitas Tanjungpura Pontianak. Skripsi.
Imanudin., 2010. Model Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya Dalam Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman. Universitas Pendidikan Indonesia. Thesis.
Jufna S., 2012. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi.
Kementrian Kesehatan RI, 2007, Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 369/Menkes/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Bidan, Jakarta
Majid A., 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung, Remaja Rosdakarya, pp.206-7.
Roscoe RD & Chi MTH., 2007. Understanding Tutor Learning: Knowledge Building And Knowledgetelling In Peer Tutors’ Explaination And Questions. Review of Education Research, 77 (4): 534-574.
Sukiarko E., 2007. Pengaruh Penelitian Dengan Metode Belajar berdasarkan Masalah Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Kader Gizi dalam Kegiatan Posyandu. Universitas Diponegoro. Thesis.
Syahputra Y., 2011. Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Inayah Sarijadi Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi.
Tresnaningsih R., 2011. Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Melalui Keterampilan Menyelesaikan Masalah Pada Perkuliahan Kalkulus Lanjut. IKIP PGRI Madiun. Skripsi
Tsuei M., 2014. Mathematics Synchronous Peer Tutoring System for Students with Learning Disabilities. Educational Technology & Society, 17(1), 115-217.
DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v11i1.329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery