HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN WARGA DESA TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN JASA PUSKESMAS KELILING DI DESA KEDUNG DOWO KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO

Mail Youstiana Dwi Rusita(1*)
Mail M. Affuan Fadlillah(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan kepuasan pelanggan atau warga desa menjadi strategi utama bagi organisasi pelayanan kesehatan di Indonesia salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan dalam bentuk Puskesmas Keliling. Pelanggan yang puas akan jasa/produk yang diterimanya akan menimbulkan kognisi, Afeksi dan konasi terhadap produk/jasa tersebut sehingga pada akhirnya muncul minat untuk menggunakan produk/jasa tersebut
Rancangan penelitian menggunakan survey analitik model cross sectional. Populasi penelitian 37, jumlah sampel 37 dengan metode sampling jenuh. Lokasi di Desa Kedung Dowo Kecamatan Sugih Waras Kabupaten Bojonegoro. Waktu penelitian 02 Februari - 02 Juli 2014. Teknik pengolahan data memakai editing, scoring, coding, tabulating, uji spearmen rho.
Hasil penelitian menunjukkan 28 responden (75,7%) memiliki kepuasan dan minat yang puas, 2 responden (5,4%) memiliki kepuasan cukup dan memiliki minat yang baik, 2 (5,4%) responden memiliki kepuasan dan minat cukup, 1 responden (2,7%) memiliki kepuasan kurang dan minat yang cukup, 4 responden (10,8%) memiliki kepuasan dan minat yang kurang. Adanya pengaruh tersebut juga dibuktikan dengan melakukan uji korelasi spearman’s rho hasil menunjukkan nilai 0,000 yang berarti nilai tersebut kurang dari nilai α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan yaitu ada hubungan antara kepuasan warga desa terhadap minat menggunakan jasa pelayanan puskesmas keliling di desa kedung dowo kecamatan sugih waras kabupaten bojonegoro.

Kata Kunci : Kepuasan, Minat, Jasa Pelayanan Puskesmas Keliling



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v6i2.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Indonesia