PENGARUH PEMBERIAN LEAFLET RAMUAN TRADISIONAL KESEHATAN KULIT WAJAH TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MAHASISWA JURUSAN KEBIDANAN SEMESTER IV POLTEKKES KEMENKES SURAKARTA

Mail Titik Lestari(1*)
Mail Indri Kusuma Dewi(2)
Mail Ana Fitrianingrum(3)


(1) , 
(2) , 
(3) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK
Studi pendahuluan tentang ramuantradisional untuk perawatan kulit wajah yang dilakukan oleh peneliti di JurusanKebidanan Semester IV Poltekkes Kemenkes Surakarta, dari 10 mahasiswadidapatkan sebanyak 7 (70%) mahasiswa masih menggunakan kosmetik bahankimia dan 3 (30%) mahasiswa sudah mulai menggunakan bahan tradisionaluntuk perawatan kulit wajah, maka dibutuhkan adanya leaflet untuk mengenalkankepada mahasiswa supaya mengetahui dan mengaplikasikan cara perawatan kulitwajah dengan ramuan tradisional.
Jenis penelitian adalah pre eksperiment. Desain penelitianone group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalahmahasiswa Jurusan Kebidanan Semester IV Poltekkes Kemenkes Surakartasejumlah 112 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposivesampling sejumlah 34 responden. Alat pengumpulan data berupa lembarkuesioner tentang ramuan tradisional untuk kesehatan kulit wajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian leaflet tentang ramuan tradisional kesehatan kulitwajah dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa Jurusan Kebidanan SemesterIV Poltekkes Kemenkes Surakarta, dengan adanya perbedaan rata-rata nilai sebelum dan sesudah diberi leaflet. Rata-rata nilai pretest mahasiswasebelum diberikan leaflet 68,50 dan rata-rata nilai posttest sesudah diberi leaflet80,50. Jadi, ada pengaruh yang signifikan pemberian leaflet tentang ramuantradisional untuk kesehatan kulit wajah terhadap peningkatan pengetahuanmahasiswa sebelum dan sesudah diberikan leaflet dengan nilai p hitung = 0,000 (p<0,05).

Kata Kunci : Leaflet, Ramuan tradisional, Kulit wajah, Pengetahuan, Mahasiswa



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v6i1.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Indonesia