GAMBARAN KEPUASAN IBU BAYI TERHADAP PELAYANAN IMUNISASI BCG DI PESKESMAS SLOGOHIMO WONOGIRI TAHUN 2009

Mail Henik Istikhomah(1*)
Mail Tesa Diyanti(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang :Imunisasi BCG di Puskesmas Slogohimo Wonogiri dari bulan Januari sampai September tahun 2009 berjumlah 450 bayi (78,8%) dari sasaran tahunan 571 bayi.Keberhasilan suatu program pemerintah khususnya program imunisasi tidak cukup hanya dengan penyediaan sarana dan prasarana, tetapi diperlukan petugas kesehatan yang berdedikasi tinggi. Pelayanan kesehatan juga harus memperhatikan kepuasan pasien.3Tujuan : Mengetahui gambaran kepuasan ibu bayi terhadap pelayanan imunisasi BCG di Puskesmas Slogohimo Wonogiri Tahun 2009.

MetodePenelitian:desain penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bayi yang mengimunisasikan bayinya di Puskesmas Slogohimo Wonogiri dengan jumlah 57. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental samplingdengan jumlah responden 30. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis univariat dengan membandingkan kinerja dengan harapan disajikan dengandiagrrame sccater.

Hasil Penelitian: penelitian diperoleh gambaran kepuasan ibu bayi terhadap pelayanan imunisasiBCG di Puskesmas Slogohimo Wonogiri tahun 2009 yaitu mutu pelayanan sebesar 74,47%.Data dilihat darikarakteristik umur sebagian besar responden dengan umur 21-25 tahun sebanyak20 responden (66,67%), dilihat dari karakteristik pendidikan sebagian besar responden berpendidikan SMP sebanyak 15 responden (50%), dan dilihat dari karakteristik pekerjaan sebagian besar responden sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) sebanyak 17 responden (56,67%). Gambaran kepuasan ibu bayi terhadap pelayanan imunisasi BCG di Puskesmas Slogohimo Wonogiri mayoritasindicatorterletak di kuadran III.

Simpulan : gambaran kepuasan ibu bayi terhadap pelayanan imunisasi BCG di Puskesmas Slogohimo Wonogiritahun 2009 yaitu mutu pelayanan sebesar 74,47%danmayoritas indicator terletak di kuadran III.

 

Kata kunci : Kepuasan, Ibu Bayi, Imunisasi BCG.




DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v1i2.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan Indonesia