EFEKTIFITAS YOGA DAN AROMATERAPI TERHADAP PENGURANGAN KELELAHAN AKADEMIK MAHASISWA
Abstract
Latar Belakang: Kelelahan akademik (burnout akademik) adalah suatu kondisi dimana seorang mahasiswa mengalami suatu kelelahan secara fisik maupun emosional, yang menyebabkan suatu sikap sinis atau ketidakpedulian terhadap tugas-tugas akademik sehingga berdampak kepada menurunnya keinginan untuk berprestasi. Kelelahan tersebut disebabkan oleh banyaknya aktivitas dan kegiatan di lingkungan akademik, serta banyaknya tuntutan-tuntutan dalam tugas akademik. Cara untuk mengurangi kelelahan akademik salah satunya dengan menggunakan terapi nonfarmakologis yaitu yoga dan aromaterapi
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas yoga dan aromaterapi terhadap pengurangan kelelahan fisik mahasiswa
Metode: Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan pre and possttest with control. Populasi mahasiswa Prodi Keperawatan dan Kebidanan Semester IV berjumlah 80 responden. Sampel penelitian berjumlah 44 responden berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang terbagi menjadi 22 responden kelompok perlakuan yang dilakukan yoga dan pranayama sedangkan 22 responden kelompok kontrol dilakukan meditasi dan music relaksasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test.
Hasil: Hasil uji analisis pada kelompok perlakuan terdapat perbedaan kelelahan akademik sebelum dan sesudah dilakukan yoga dan aromaterapi (p-value 0,000) sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan kelelahan akademik antara sebelum dan sesudah diberikan meditasi dan music relaksasi (p-value 0,134).
Simpulan: Yoga dan aromaterapi efektif terhadap pengurangan kelelahan akademik pada mahasiswa.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v14i2.859
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Kebidanan Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.