EFEKTIFITAS PEMBERIAN AKUPRESUR DAN PIJAT ES TERHADAP KEMAJUAN PERSALINAN KALA I FASE AKTIF

Mail Heni Suryani(1*)
Mail Lidia Lushinta(2)
Mail Rosalin Ariefah Putri(3)


(1) , Indonesia
(2) Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Indonesia
(3) Jurusan Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Kelancaran proses persalinan ditandai dengan kemajuan persalinan. Upaya non-farmakologis yang dapat dilakukan untuk mendukung wanita dalam persalinan adalah pijat akupresur. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, menstimulasi titik-titik LI4 & SP6 akan mengurangi nyeri persalinan dan menguatkan kontraksi uterus sehingga memerpendek durasi persalinan. Selain itu, dilakukan teknik pijat es yang bisa mengurangi nyeri, menghilangkan stres dan kecemasan, memberikan relaksasi, kenyamanan dan mengurangi durasi persalinan.

Tujuan:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas akupresur dan pijat es terhadap kemajuan persalinan kala I fase aktif.

Metode: penelitian menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan post test-only control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Jumlah subyek 40 responden, 20 responden kelompok kontrol yang diberikan akupresur dan 20 responden kelompok intervensi diberikan akupresur dan pijat es. Analisis data menggunakan Mann Whitney Test.

Hasil: Lama Kemajuan Persalinan didapatkan nilai sebesar 0.001 < 0.05, hal ini berati adanya efektifitas pemberian akupresur dan pijat es pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol (p<0,05).

Kesimpulan: Adanya efektivitas pemberian akupresur dan pijat es terhadap kemajuan persalinan kala I fase aktif.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v14i2.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.