HUBUNGAN PREEKLAMPSIA DENGAN ANGKA KEJADIAN PARTUS PREMATURUS DI RSUD Dr. MOEWARDI SURAKARTA PERIODE BULAN JANUARI – MARET TAHUN 2011

Mail Desy Widyastutik(1*)
Mail Adin Suciati(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Preeklampsia merupakan salah satu penyebab angka kesakitan dan kematian ibu dan janin. Janin yang dikandung pada ibu yang preeklampsia akan terhambat sehingga akan terjadi bayi berat badan lahir rendah dan prematuritas. Angka kejadian prematuritas di Indonesia sekitar 19 % dan merupakan penyebab utama kematian perinatal. Tujuan penelitian : Mengetahui hubungan antara preeklampsia dengan angka kejadian partus prematurus di RSUD Dr. Moewardi Surakarta periode bulan Januari –Maret tahun 2011.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik dengan pendekatan retrospektif. Subyek penelitian ini adalah semua ibu bersalin yang mengalami preeklampsia dan melahirkan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta bulan Januari – Maret tahun 2011 dan semua populasi yang diteliti dijadikan sampel yaitu sebanyak 69 ibu bersalin dengan preeklampsia. Teknik pengumpulan data dengan mengambil data sekunder dari bagian rekam medik di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Analisis data yang digunakan adalah uji Chi Square.
Hasil penelitian : Sebagian besar ibu bersalin dengan preeklampsia berat yaitu sebanyak 41 (59,4%) dan tidak mengalami partus prematurus sebanyak 28 (40,6%), dan sebagian kecil ibu dengan preeklampsia ringan sebanyak 28 (40,6%) dan mengalami partus prematurus sebanyak 1 (1,4%). Dan berdasarkan uji Chi Square di dapatkan ( X2 hit > X2 tab ) atau ( 8,144 > 3,481 ) maka hubungan signifikan yaitu preeklampsia memberikan hubungan yang signifikan (p ≤ 0,05) dengan angka kejadian partus prematurus di RSUD Dr. Moewardi Surakarta periode bulan Januari-Maret tahun 2011. Kesimpulan : Ada hubungan antara preeklampsia dengan angka kejadian partus prematurus di RSUD Dr. Moewardi Surakarta periode bulan Januari –Maret tahun 2011.

Kata Kunci : Preeklampsia, Partus Prematurus, Hubungan, Angka Kejadian



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v4i2.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan Indonesia