FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN ORANG TUA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENCEGAH COVID-19

Mail Wahyu Ersila(1*)
Mail Lia Dwi Prafitri(2)
Mail Eka Budiarto(3)
Mail Siti Khuzaiyah(4)


(1) , 
(2) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, 
(3) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, 
(4) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Peraturan pemerintah yang sudah memperbolehkan untuk siswa kembali kesekolah. Hal ini berdampak persiapan baik fasilitas maupun pengetahuan mengenai pencegahan penularan diperlukan, tidak terkecuali pada siswa dengan berkebutuhan khusus. Peran orang tua sangat diperlukan untuk memberikan contoh serta memotivasi anak agar selalu menjaga kesehatan, menaati peraturan kesehatan, menjaga kebersihan dan menyikapi COVID 19 sebagai penyakit yang dapat dicegah melalui kebiasaan yang baik sehingga meminimalkan penularan yang diakibatkan ketidakpatuhan menjalankan protocol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan orang tua dengan anak berkebutuhan khusus dalam mencegah penularan covid 19.

Metode: penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah orang tua dengan anak berkebutuhan khusus di SLB N 1 Wiradesa, sejumlah 130 responden dengan teknik Exhaustive sampling. Intrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data multivariate menggunakan uji logistik berganda.

Hasil: Faktor yang berhubungan dengan kepatuhan adalah pendidikan (p=0,044;OR 2,245) dan pengetahuan (p=0,007;OR 2,819), sedangkan  tidak terdapat hubungan antara usia (p=0,858), pekerjaan  (p=0,673), pendapatan (p=0,492) dengan kepatuhan dalam mencegah COVID 19 pada orang tua Anak berkebutuhan khusus.

Kesimpulan: Pendidikan dan pengetahuan berhubungan dengan kepatuhan orang tua dalam pencegahan COVID 19. Sehingga perlunya diberikan peningkatan pengetahuan mengenai pencegahan COVID-19 pada anak bagi orang tua anak berkebutuhan khusus.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v14i1.756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.