HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN ANAK DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK PRASEKOLAH DI KB DAN TK TA’MIRUL ISLAM SURAKARTA TAHUN 2010

Mail Sabngatun Sabngatun(1*)
Mail Tri Wanito Utami(2)


(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan anak adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih
kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara, serta sosialisasi dan
kemandirian. Perkembangan anak merupakan salah satu faktor yang dapat
mempengaruhi prestasi belajar. Prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari
penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun
kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode
tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perkembangan
anak dengan prestasi belajar anak prasekolah di KB dan TK Ta’mirul Islam
Surakarta tahun 2010.
Desain penelitian menggunakan rancangan observasional analitik. Populasinya
adalah seluruh murid di KB dan TK Ta’mirul Islam Surakarta sebanyak 70 murid.
Sampelnya adalah sebagian murid di KB dan TK Ta’mirul Islam Surakarta
sebanyak 60 murid dengan teknik sampling proportionate stratified random
sampling. Alat dan metode pengumpulan data menggunakan Denver II dan rapor
KB dan TK Ta’mirul Islam Surakarta. Analisis data manggunakan korelasi
Spearman Rho.
Hasil penelitian diketahui bahwa nilai korelasi Spearman sebesar 0,511 dengan
nilai signifikasi 0,000 yang menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak,
artinya ada hubungan antara perkembangan anak dengan prestasi belajar anak
prasekolah di KB dan TK Ta’mirul Islam Surakarta. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah ada hubungan antara perkembangan anak dengan prestasi belajar anak
prasekolah di KB dan TK Ta’mirul Islam Surakarta tahun 2010.
Kata kunci : Perkembangan anak, Prestasi belajar anak.



DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v3i1.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan Indonesia