ANALISIS MOTIVASI IBU HAMIL MELAKUKAN VAKSINASI COVID-19 BERDASAKAN KARAKTERISTIK IBU

Mail Sab’ngatun Sab’ngatun(1*)
Mail Nova Rahma W(2)
Mail Dewi Murni(3)
Mail Ardiani Sulistiani(4)
Mail Herlina Nur Anisa(5)


(1) , 
(2) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, 
(3) Puskesmas Subah Batang, 
(4) STIKES Estu Utomo Boyolali, 
(5) STIKES Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Perubahan imunitas selama kehamilan menyebabkan ibu hamil rentan terhadap penyakit, salah satu langkah menurunkan kasus covid 19 dengan pemberian vaksinasi covid-19 pada semua kelompok umur di atas 18 tahun, lansia, ibu menyusui dan ibu hamil.

Tujuan:  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi ibu hamil melakukan vaksinasi covid-19 berdasarkan karakteristik ibu.

Metode: Penelitian ini adalah teknik Survey analitik menggunakan pendekatan potong lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di Puskesmas Subah Batang pada bulan Oktober 2011 sebanyak 384 responden. Cara pengambilan sampel memakai accidental sampling, sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari ibu hamil yang mengisi goegleform sebanyak 112 responden. Alat pengumpulan data memakai kuisoner. Metode pengumpulan data memakai data primer dan sekunder. Analisis data memakai distribusi frekuensi, pearson product moment dan spearman rank.

Hasil: Mayoritas umur 21-30 tahun sebanyak  67 responden (59,8%), mayoritas pendidikan dasar 54 responden (48,2%),  mayoritas motivasi ibu hamil baik sebanyak  98 responden (87,5%), tidak ada hubungan antara motivasi ibu hamil melakukan vaksinasi covid-19 berdasarkan umur (p 0,205), dan tiadak ada hubungan antara motivasi ibu hamil melakukan vaksinasi covid-19 berdasarkan pendidikan (p 0,694)..

Simpulan:  Tidak ada hubungan antara motivasi ibu hamil melakukan vaksinasi covid-19 berdasarkan umur dan Pendidikan



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i2.636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.