DAMPAK KONTAK KULIT KE KULIT IBU DAN BAYI BARU LAHIR TERHADAP KEBERHASILAN ASI EKSKLUSIF: SCOPING REVIEW

Mail Anita Dewi Lieskusumastuti(1*)
Mail Mufdillah Mufdillah(2)


(1) , 
(2) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Durasi kontak kulit ibu dan bayi baru lahir segera meningkatkan status menyusui yang lebih baik. Menyusui merupakan investasi cerdas dalam memberikan awal kehidupan sehat bagi anak-anak.

Tujuan: scoping review ini bertujuan untuk memetakan bukti yang ada tentang dampak kontak kulit ibu dan bayi baru lahir terhadap ASI eksklusif.

Metode: desain yang digunakan adalah scoping review dengan mengadaptasi PRISMA-ScR ceklist. Mulai dari tahap mengidentifikasi pertanyaan penelitian, mengidentifikasi studi yang relevan, pemilihan artikel, mengelompokan data, menyusun, merangkum dan melaporkan hasil review. Pencarian sumber data dari Proquest, Science direct dan Wiley online library dibatasi 5 tahun yaitu 2017-2022. Menggunakan framework PEOs yaitu mother AND baby AND skin to skin contact OR early initiation of breastfeeding AND exclusive breastfeeding NOT Animal.

Hasil: ditemukan 9 artikel dari 1050 artikel yang sudah diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Terdapat 3 tema yaitu prevalensi, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak kontak kulit ke kulit terhadap ASI eksklusif.

Kesimpulan: Prevalensi kontak kulit ibu-bayi bervariasi di berbagai negara dengan rata-rata diatas 50%. Ditemukan beberapa faktor penghambat dan pendukung kontak kulit ke kulit ibu dan bayi. Terbukti bahwa perawatan setelah melahirkan yakni kontak kulit ke kulit berdampak positif dalam meningkatkan keberhasilan ASI eksklusif dan lanjutan.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i2.635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.