PENGETAHUAN DAN KEBUTUHAN INFORMASI TENTANG HIV/AIDS PADA MASA PRA KONSEPSI

Mail Herlin Fitriani Kurniawati(1*)


(1) , 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: HIV merupakan virus yang menginfeksi sel darah putih yang menyerang kekebalan tubuh manusia. AIDS adalah sekumpulan gejala penyakityang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi HIV. Saat ini perempuan yang mempunyai kemungkinan kecil memiliki perilaku berisiko seperti halnya ibu rumah tangga, telah terinfeksi HIV.

Tujuan: penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan kebutuhan informasi tentang HIV/AIDS pada masa pra konsepsi.

Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, populasi penelitian adalah wanita usia subur, sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan sebanyak 49% responden mempunyai pengetahuan kurang tentang HIV/AIDS.

Hasil: analisis butir soal, sebanyak 52% responden menjawab salah tentang penularan HIV, 69% responden tidak tahu tentang pemeriksaan HIV/AIDS. Sebanyak 87% responden tidak mengetahui HIV dapat dicegah dari sejak kehamilan. Seratus persen responden menyatakan membutuhkan informasi tentang HIV/AIDS, 97% menginginkan mendapatkan informasi dari petugas kesehatan. Kesimpulan: Sebagian besar responden (49%) mempunyai pengetahuan kurang tentang HIV/AIDS dan semua menyatakan membutuhkan informasi tersebut



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i2.630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.