PENURUNAN KECEMASAN IBU HAMIL DENGAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG COVID-19

Mail Deny Eka Widyastuti(1*)
Mail Enny Fitriahadi(2)
Mail Megayana Yessy Maretta(3)


(1) , 
(2) Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, 
(3) Universitas Kusuma Husada Surakarta, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Munculnya kejadian pandemi virus covid-19 ini mempengaruhi berbagai hal dalam kehidupan, diantaranya adalah munculnya kecemasan tertentu pada ibu hamil berkaitan dengan kesehatannya dan bayinya. Kecemasan yang muncul pada ibu hamil harus diatasi dengan baik karena hal ini berdampak pada kesehatan mental ibu. Dalam proses kehamilan seorang ibu akan mengalami beberapa perubahan baik perubahan fisik maupun perubahan psikologi. Perubahan tersebut harus ditangani dengan baik agar tidak mengarah ke keadaan yang tidak diinginkan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian pendidikan kesehatan mengenai covid-19 terhadap tingkat kecemasan ibu hamil. Metode: Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental prepost test without control dengan jumlah responden sebanyak 20 ibu hamil dengan tanpa riwayat gangguan mental dan kecemasan menggunakan alat ukur kuesioner Self Rating Anxiety Scale (SAS).

Hasil: Tingkat kecemasan ibu didapatkan hasil Asymp.sig. (2-tailed) didapatkan nilai sebesar 0.025 < 0.05, hal ini berarti terdapat perbedaan yang bermakna antara hasil post test dengan hasil pre test.

Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang covid-19 terhadap penurunan tingkat kecemasan ibu hamil.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i2.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.