HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG POLA ASUH HOLISTIK DENGAN PERTUMBUHAN

Mail Endah Puji Astuti(1*)
Mail Tri Sunarsih(2)


(1) , 
(2) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Dasar terbentuknya manusia seutuhnya ditentukan pada saat masa tumbuhkembangnya ketika balita. Pengetahuan orangtua tentang pola asuh holistik sangat penting. Salah satunya yaitu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk anak-anak. Nutrisi memaikan peran mendasar dalam menentukan pertumbuhan individu.

Tujuan: Diketahuinya hubungan pengetahuan orangtua tentang pola asuh holistik dengan pertumbuhan anak.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Rancangan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain tsurvai analiik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh balita < 59 Bulan di Desa Ngalang Wilayah Kerja Puskesmas Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul Tahun 2020 dengan jumlah 366 sampel, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data primer. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan Uji Chi Square.

Hasil: Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan perawatan dengan pertumbuhan (BB/U) dengan nilai P value (0,676), tidak terdapat hubungan antara pengetahuan perawatan dengan pertumbuhan (TB/BB) dengan nilai P value (0,642), tidak terdapat hubungan antara pengetahuan tentang kemampuan pemenuhan gizi dengan pertumbuhan (TB/U) dengan nilai P value (0,803), tidak terdapat hubungan antara pengetahuan tentang kemampuan pemenuhan gizi dengan pertumbuhan (BB/U) dengan nilai P value (0,989), tidak terdapat hubungan antara pengetahuan tentang kemampuan pemenuhan gizi dengan pertumbuhan (TB/BB) dengan nilai P value (0,907).

Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pengetahuan perawatan dan pengetahuan tentang kemampuan pemenuhan gizi tidak memiliki hubungan dengan pertumbuhan anak



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i2.623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.