EVALUASI KUALITATIF PENGGUNAAN BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI IBU DALAM MENDAMPINGI REMAJA MENGGUNAKAN GAWAI DI RUMAH

Mail Made Dewi Sariyani(1*)
Mail Kadek Sri Ariyanti(2)


(1) , 
(2) STIKES Advaita Medika Tabanan, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Peran dan fungsi masing-masing anggota keluarga berbeda-beda. Orang tua berada pada lingkungan terdekat. Mereka memegang peranan penting dalam memberikan pengawasan serta pengelolaan waktu luang selama periode perkembangan remaja. 50% remaja mengalami permasalahan perilaku akibat dari akibat dari kurangnya berkomunikasi dengan orangtua. Kurangnya komunikasi antara orangtua dan remaja menjadi salah satu faktor penyebab utama remaja mencari perhatian dan informasi pengganti melalui gawai secara daring.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan booklet mampu meningkatkan efikasi diri ibu dalam mendampingi remaja menggunakan gawai di rumah.

Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Peneliti memberikan intervensi kepada ibu sesuai dengan model Pemberdayaan Ibu pada Remaja Awal, dimana kemampuan penerapan model ini akan dievaluasi secara kualitatif dengan wawancara mendalam. Penelitian ini dilakukan pada ibu yang memiliki remaja awal di Kota Denpasar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dimana peneliti mengambil 12 orang dengan menggunakan undian.

Hasil: 1) Informan menyatakan terdapat perubahan hal yang dirasakan; 2) Informan menunjukkan kunci keberhasilan penerapan model; dan 3) Hambatan yang dirasakan: masih gagal teknologi dan remaja awal yang lain cerewet.

Kesimpulan: Penggunaan Booklet mampu meningkatkan efikasi diri ibu dalam mendampingi remaja awal menggunakan gawai dirumah



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i2.622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.