USIA KEHAMILAN SEBAGAI FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL SELAMA PANDEMI COVID 19

Mail Septi Tri Aksari(1*)
Mail Norif Didik Nur Imanah(2)


(1) , 
(2) STIKES Serulingmas Cilacap, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Masalah kesehatan masyarakat yang memiliki konsekuensi kesehatan yang signifikan salah satunya adalah anemia pada ibu hamil. Kondisi kekurangan zat besi atau defisiensi besi merupakan penyebab paling sering dari kejadian anemia tersebut. Hal ini disebabkan karena kebutuhan selama kehamilan yang meningkat baik untuk ibu maupun janinnya. kejadian anemia ibu hamil selama pandemi Covid 19 mengalami peningkatan, sebagai akibat dari kurangnya akses pelayanan kesehatan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan usia kehamilan dengan kejadian anemia

Metode: Design dalam penelitian adalah analitik dengan menggunakan pendekatan potong lintang atau cross sectional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah semua ibu hamil yang memeriksakan diri di Puskesmas Sampang selama tahun 2020. Teknik sampling yang digunakan adalah concecutive sampling, yaitu semua ibu hamil yang memeriksakan diri dan dilakukan pemeriksaan kadar Hb serta terdaftar dibuku register KIA Puskesmas Sampang yaitu sejumlah 578 reponden. Peneliti menggunakan buku register KIA tahun 2020 sebagai sumber utama data sekunder. Karakteristik responden yang diambil dalam penelitian ini meliputi usia ibu dan jumlah gravida. Analisis data diskriptif dipaparkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, sedangkan tabulasi silang dan analisis uji statistik Chi Square program SPSS versi 21 digunakan untuk menganalisis hubungan.

Hasil: Sebagian besar responden ada dalam trimester III kehamilan sebanyak 263 responden (45,5%). Anemia terjadi pada 99 responden dari total 578 responden (17,1%). hasil analisis dengan uji chi – square menunjukkan nilai p value sebesar 0,000 yang lebih besar dari 0,05.

Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara usia kehamilan dan kejadian anemia pada ibu hamil




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i1.569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Kebidanan Indonesia is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |