HUBUNGAN OBESITAS, POLA MAKAN DAN CAKUPAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DENGAN KEJADIAN PREEKLAMPSIA PADA IBU HAMIL TRIMESTER III

Mail Destri Wulandari(1*)
Mail Merisa Riski(2)
Mail Putu Lusita Nati Indriani(3)


(1) , 
(2) Universitas Kader Bangsa Palembang, 
(3) Universitas Kader Bangsa Palembang, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Preeklampsia ialah penyakit dengan tanda meningkatnya tekanan darah >140/90mmHg disertai proteinuria serta edema yang muncul di usia kandungan >20/hingga 48 jam postpartum.

Tujuan : Tujuan penelitian untuk melihat kaitan obesitas, pola makan, dan cakupan kunjungan ANC dan preeklampsia pada ibu hamil trimester III. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Keramasan Palembang Agustus tahun 2021.

Metode : Adapun metode survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional dipilih dalam peneltian ini. Sampel ada 32 responden yang diambil secara Accidental Sampling. Dalam penelitian ini teknik yang dipakai oleh peneliti berupa teknik  pengumpulan data primer. Analisis data univariate menggunakan distribusi frekuensi, sedangkan analisis bivariate menggunakan Chi Square dengan Stastitical Product Servise Solution (SPSS) versi 26.

Hasil : Hasilnya ditemukan hubungan yang signifikan dari obesitas (PValue = 0,003) pola makan (PValue = 0,009) dan preekalmsia. Dan, tidak terdapat kaitan yang signifikan dari cakupan kunjungan ANC dengan preeklampsia PValue = 1,000.

Simpulan : Obesitas dan pola makan berkaitan dengan kejadian preeklampsia. Sedangkan cakupan kunjungan ANC dan kejadian preeklampsia tidak berkaitan secara signifikan.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i1.564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.