FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRAKTIK CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH

Mail Amelia Eliza Putri(1*)
Mail Rohaya Rohaya(2)
Mail Titin Dewi Sartika Silaban(3)


(1) , 
(2) Poltekkes Kemenkes Palembang, 
(3) Universitas Kader Bangsa Palembang, 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Cuci tangan pakai sabun ialah upaya yang tidak sulit dan tidak membutuhkan biaya mahal untuk mencegah penularan berbagai penyakit menular. Anak usia pra sekolah lebih rentan terkena berbagai penyakit dan perlu dijamin kesehatannya untuk menumbuhkan PHBS dengan CTPS agar dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan sikap dan peran orang tua serta peran guru dengan praktik CTPS pada anak usia pra-sekolah di TK Kartisa. Metode: Metode yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Tahun 2021 sebanyak 31 orang yang diambil dengan teknik Total Sampling. Analisis data univariate menggunakan distribusi frekuensi, sedangkan analisis bivariate menggunakan Chi Square dengan Stastitical Product Servise Solution (SPSS) versi 26.

Hasil : Dari hasil Chi Square ditemukan adanya hubungan yang bermakna dari sikap orang tua (P Value = 0,007), peran orang tua (P Value = 0,000) dan peran guru dengan praktik CTPS (P Value = 0,013).

Simpulan : ada hubungan yang bermakna dari sikap orang tua, peran orang tua serta peran guru dengan praktik CTPS di TK Kartisa Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i1.563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Kebidanan Indonesia is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |