HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN ADAPTASI PERUBAHAN PSIKOLOGI PADA IBU HAMIL

Mail Listia Dwi Febriati(1*)
Mail Zahrah Zakiyah(2)


(1) , Indonesia
(2) Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Kehamilan bagi seorang perempuan adalah sebuah kesempatan baru menjadi wanita dengan tanggung jawab yang baru. Selama kehamilan wanita berupaya untuk beradaptasi dengan peran baru yaitu sebagai ibu. Wanita juga selama hamil akan berproses dalam hal pembelajaran sosial, kognitif yang lebih kompleks. Kehamilan merupakan proses yang alamiah, namun akan memberikan beberapa perubahan bagi seorang perempuan yang meliputi aspek fisik, sosial, psikologis, budaya dan spiritual. Dukungan menjadi salah satu hal penting untuk membangun mekanisme koping ibu hamil. Dukungan horizontal dapat diberikan oleh suami, keluarga maupun tenaga kesehatan.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan adaptasi perubahan psikologi pada ibu hamil di Puskesmas Piyungan Bantul Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Analisis penelitian menggunakan analisis univariate dan analisis bivariate menggunakan Chi-Square. Penelitian dilakukan di Puskesmas Piyungan Bantul Yogyakarta pada bulan Oktober 2021. Jumlah sampel penelitian yaitu 58 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling.

Hasil: Berdasarkan analisis Chi Square diperoleh nilai  ρ= 0,000 yang artinya < 0.05 sehingga terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan perubahan psikologi pada ibu hamil di Puskesmas Piyungan Bantul Yogyakarta.

Simpulan: terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan perubahan psikologi pada ibu hamil di Puskesmas Piyungan Bantul Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v13i1.561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.