ANALISIS PELAYANAN PRAKONSEPSI PADA CALON PE

Mail Atika Nur Azizah(1*)


(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang:Calon pengantin yang akan menikah adalah cikal bakal terbentuknya sebuah keluarga. Calon pengantin sebelum menikah perlu mempersiapkan kondisi kesehatannya agar dapat menjalankan kehamilan sehat sehingga melahirkan generasi penerus yang sehat dan menciptakan keluarga yang sehat, sejahtera, dan berkualitas. Oleh karena itu pelayanan prakonsepsi bagi calon pengantin tetap perlu diberikan meskipun di era adaptasi kebiasaan baru covid-19.
Tujuan: Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pelayanan prakonsepsi pada calon pengantin pada era adaptasi kebiasaan baru covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Purwojati.
Metode:Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sample, dengan jumlah informan 4 calon pengantin yang mendapatkan pelayanan prakonsepsi pada era adaptasi kebiasaan baru.Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan studi dokumen.Analisis data menggunakan thematic content analysis.
Hasil: Pelayanan prakonsepsi selama masa adaptasi kebiasaan baru di wilayah kerjaPuskesmas Purwojati meliputipemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang, pemberian imunisasi Tetanus Toksoid (TT), pemeriksaan dan suplementasi status gizi, dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi kesehatan dengan menerapkan protokol pencegahan penularan covid-19.
Simpulan: Pelayanan prakonsepsi calon pengantin di wilayah kerja Puskesmas Purwojati pada era adaptasi kebiasaan baru sudah memenuhi standar minimaldengan menerapkan protokol pencegahan penularan covid-19.

References


Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas. 2019. Profil Kesehatan 2018. DKK : Banyumas.

Herawati C, Yasinta, Indragiri S. Faktor Determinan Perilaku dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia Vol.16 No.1 April 2021 https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Calon Pengantin. Kesda Kemenkes : Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Pedoman Pelayanan Kesehatan Reproduksi Terpadu di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Kemenkes: Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Panduan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat: Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2020. Petunjuk Teknis Pelayanan Puskesmas Pada Masa Pandemi Covid-19. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan: Jakarta.

Riskesdas. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018. Kemenkes RI : Jakarta.

Permenkes. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan No 97 Tahun 2014 Tentang Pelayanan Kesehatan Masa Sebelum Hamil, Masa Hamil, Persalinan, Dan Masa Sesudah Melahirkan, Penyelenggaraan Pelayanan Kontrasepsi, Serta Pelayanan Kesehatan Seksual. http://kesga.kemkes.go.id/images/pedoman/PMK%20No.%2097~%20ttg%20Pelayanan%20Kesehatan%20Kehamilan.pdf.

Stephanie, dkk. 2016. Jurnal: Gambaran kejadian kurang energi kronik dan pola makan wanita usia subur di Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan Klungkung Bali 2014. Universitas Udayana : Bali.

Susanti D, Rustam Y, Doni AW. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pranikah terhadap Pengetahuan dan Sikap Calon Pengantin di Lubuk Begalung Padang. Jurnal Sehat Mandiri Vol. 13 No.2 Desember 2018 http://jurnal.poltekkespadang.ac.id/ojs/index.php/jsm

Susilowati, Kuspriyanto. 2016. Gizi dalam Daur Kehidupan. PT Refika Aditama: Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta: Bandung.

World Health Organization. 2013. Preconception care: Maximizing the gains for maternal and child health. http://www.who.int/maternal_child_adolescent/documents/concensus_preconception_care/en/

Zaddana C, Indriani L, dkk. Pengaruh Edukasi Gizi dan Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Terhadap Kenaikan Kadar Hemoglobin Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Farmasi Vol. 9 No.2 Tahun 2019. https://journal.unpak.ac.id/index.php/fitofarmaka/article/view/1606




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v12i2.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.