PERBEDAAN MEDIA LEAFLET DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN IBU MENYUSUI

Mail Herlinadiyaningsih Herlinadiyaningsih(1*)


(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Perkembangan otak anak dimulai sejak dalam kandungan sampai usia 3 tahun yang merupakan periode emas, oleh sebab itu pemberian Air susu Ibu (ASI) Eksklusif sangat diperlukan sampai usia 6 bulan dan diteruskan sampai berusia 2 tahun (DepKes 2011). Untuk memudahkan melakukan suatu edukasi kesehatan, maka perlu didukung oleh komunikasi kesehatan, yaitu proses penyampaian pesan kesehatan oleh komunikator melalui saluran/media tertentu salah satunya adalah leaflet dan video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat dibaca secara berulang-ulang dan dapat di lihat atau ditonton sehingga peserta termotivasi untuk mempraktekkan dan menambah pengetahuan.
Tujuan:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan media leaflet dan video terhadap Pengetahuan ibu meyusui di Puskesmas Datah Kotou Kabupaten Murung Raya.
Metode:Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperiment. Rancangan dalam penelitian ini adalah desain penelitiannya non equivalent control group design. yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan media leaflet dan video terhadap Pengetahuan ibu meyusui di Puskesmas Datah Kotou Kabupaten Murung Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah 125 ibu menyusui yang berkunjung di wilayah Puskesmas Datah Kotou kabupaten Murung Rayadengan jumlah sampel 30 orangdan teknik pengambilan sampel yaitunonprobability samplingdenganuji statistik yaituChi-square.
Hasil: Tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan media leatlet dengan nilai p-value = 0,731, dan ada pengaruh yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan media video dengan nilai p-value = 0,008
Simpulan:Terdapat perbedaan pengaruhmedia leaflet dan video terhadap Pengetahuan ibu meyusui di Puskesmas Datah Kotou Kabupaten Murung Raya.

References


Adnani,Hariza. 2011. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika

Angsuko, Dhames Vidya. 2009, Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Cara Menyusui Dengan Perilaku Menyusui Bayi Usia 0 – 6 Bulan Di Bidan Yuda Klaten, Program Studi DIV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya, 2017, Profil Kesehatan Kabupaten Murung Raya, Puruk Cahu.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, 2017, Profil Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2016, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya.

Firmansyah, N & Mahmudah 2012, Pengaruh karakteristik (pendidikan pekerjaan), pengetahuan dan sikap ibu menyusui terhadap pemberian asi eksklusif dikabupaten tuban, Biometrika dan Kependudukan Volume 1 Nomor 1, Surabaya : Departemen Biostatistika dan Kependudukan FKMUNAIR

Kemenkes RI. 2016. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kristiyansari, W.(2010). ASI:Menyusui dan Sadari. Yogyakarta : NuhaMedika

Mubarak, Wahit . 2012. Promosi Kesehatan Untuk Kebidanan, Jakarta : Salemba Medika

Notoatmodjo, Soekidjo 2010. Promosi Kesehatan :Teoridan Aplikasi (Edisi Revisi 2010). Jakarta : Rineka Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo 2011, Kesehatan Masyarakat : Ilmu dan Seni (Edisi Revisi 2011). Jakarta : RinekaCipta,

Prasetyono, Dwi 2012. Buku Pintar ASI Eksklusif (Pengenalan, Praktik, dan Kemanfaatan - kemanfaatannya).Yogyakarta : Diva Press

Proverawati, A & Rahmawati, E 2010. Kapita Selekta ASI dan Menyusui. Yogyakarta : Nuha Medika

Putri, N 2012. Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan pengenalan alat music daerah pada pembelajaran IPS bagi anak tuna grahita ringan, vol.1, No 2, Hal 318 - 328

Riksani, Ria 2012. Keajaiban ASI (Air Susu Ibu). Jakarta : Niaga Swadaya

Subargus, Amin 2011. Promosi Kesehatan : Melalui Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta : Gosyen Publising

Susilo, Rakhmad 2011. Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan, Yogyakarta : Nuha Medika

Wawan, A & Dewi, M 2010, Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v12i2.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.