HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PERUBAHAN FISIOLOGI PUBERTAS DI KELAS 8 SMP N 19 SURAKARTA TAHUN 2015
Abstract
Kematangan seksual dan terjadinya perubahan bentuk tubuh sangat berpengaruh pada kehidupan kejiwaan remaja, sementara itu perhatian remaja sangat besar terhadap penampilan dirinya sehingga mereka sering merisaukan bentuk tubuhnya yang kurang proporsional tersebut. Apabila mereka sudah dipersiapkan dan mendapatkan informasi tentang perubahan tersebut maka mereka tidak akan mengalami kecemasan dan reaksi negatif lainya, tetapi bila mereka kurang memperoleh informasi, maka akan merasakan pengalaman yang negatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta Tahun 2015
Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja kelas 8 di SMP N 19 Surakarta tahun 2015 sejumlah 251 responden. Teknik sampel mengunakan Random Sampling dengan 72 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistic Korelasi Kendall’s Tau.
Hasil penelitian pengetahuan remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta tahun 2015 mayoritas dalam kategori cukup 44 responden (61,1%) kemudian dalam kategori baik sejumlah 28 responden (38,9%), dan kategori kurang tidak ada. Sikap remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta tahun 2015 mayoritas dalam kategori cukup 45 responden (62,5%), kategori baik 27 responden (37,5%) dan kategori kurang tidak ada. Hasil analisis hubungan antara pengetahuan dan sikap pada table Z ditemukan nilai Z = 1,96 dengan angka signifikasi 0,006. Karena Z hitung(4,208) > Ztabel (1,96) maka H0 ditolak dan Ha diterima jadi ada hubungan yang rendah antara pengetahuan dan sikap remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta tahun 2015. Simpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta.
Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Fisiologi Pubertas.
Desain penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja kelas 8 di SMP N 19 Surakarta tahun 2015 sejumlah 251 responden. Teknik sampel mengunakan Random Sampling dengan 72 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji statistic Korelasi Kendall’s Tau.
Hasil penelitian pengetahuan remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta tahun 2015 mayoritas dalam kategori cukup 44 responden (61,1%) kemudian dalam kategori baik sejumlah 28 responden (38,9%), dan kategori kurang tidak ada. Sikap remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta tahun 2015 mayoritas dalam kategori cukup 45 responden (62,5%), kategori baik 27 responden (37,5%) dan kategori kurang tidak ada. Hasil analisis hubungan antara pengetahuan dan sikap pada table Z ditemukan nilai Z = 1,96 dengan angka signifikasi 0,006. Karena Z hitung(4,208) > Ztabel (1,96) maka H0 ditolak dan Ha diterima jadi ada hubungan yang rendah antara pengetahuan dan sikap remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta tahun 2015. Simpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap remaja tentang masa pubertas di kelas 8 SMP N 19 Surakarta.
Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Fisiologi Pubertas.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36419/jkebin.v7i1.47
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Kebidanan Indonesia