PENGARUH KEKURANGAN ENERGI KRONIK (KEK) TERHADAP KEJADIAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS CEPIRING KABUPATEN KENDAL

Mail Shinta Ika Sandhi(1*)
Mail Desi Wijayanti E.D(2)


(1) , Indonesia
(2) Universitas Bhakti Kencana Cabang Kendal, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang : Anemia pada kehamilan merupakan masalah nasional dan pengaruhnya sangat besar terhadap kualitas sumber daya manusia. Penyebab anemia selama kehamilan dari kekurangan nutrisi ibu hamil. Pengaruh status gizi kurang terhadap proses persalinan dapat mengakibatkan persalinan sulit dan lama, persalinan sebelum waktunya, perdarahan setelah persalinan, serta persaliann dengan operasi semakin meningkat, di Kabupaten Kendal AKI pada tahun 2019 yaitu 103,28 /100.000 KH. Penyumbangn terbesar AKI di Kab. Kendal adalah karena perdarahan. Status gizi ibu hamil dapat dilihat dari kejadian KEK pada ibu hamil selama 3 tahun terakhir di Puskesmas Cepiring menduduki peringkat pertama dengan jumlah ibu hamil KEK setiap tahunnya meningkat yaitu tahun 2017 sejumlah 51, tahun 2018 sebanyak 52 dan tahun 2019 sebanyak 54.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekurangan energi kronis terhadap anemia pada ibu hamil di Puskesmas Cepiring Kabupaten Kendal.
Metode : Jenis penelitian deskriptif analitik korelasi. Populasi seluruh ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di Puskesmas Cepiring Kab. Kendal. Teknik penelitian ini menggunakan purposive sampling.
Hasil penelitian : Hasil uji statistic didapatkan p value=0.0002 (p≤0.05), yang artinya ada hubungan KEK terhadap kejadan anemia pada ibu hamil di Puskesmas Cepiring Kabupaten Kendal, ibu hamil dengan KEK mempunyai kemungkinan 39 kali untuk mengalami Anemia dibandingkan ibu hamil yang tidak KEK.
Simpulan : Ada hubungan ibu hamil KEK terhadap kejadian anemia dan ada pengaruh ibu hamil KEK dengan kejadian anemia

References


Aminin, F., Wulandari, A., & Lestari, R. P. (2016). Pengaruh kekurangan energi kronis (KEK) dengan kejadian anemia pada ibu hamil. Jurnal kesehatan, 5(2).

Astuti, R. Y., & Ertiana, D. 2018. Anemia dalam Kehamilan. Jember:Pustaka Abadi.

Huriyah, dkk. 2011. Hubungan Kejadian KEK Dengan Kejadian Anemia Pada Ibu Hamil Trimester I di Puskesmas Mantrijeron Tahun 2011. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak Vol 3. No 1. Juli 2013

Rahmi, L. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronik (Kek) Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Belimbing Padang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 8(1), 35-46.

Ristica, O. D. (2013). Faktor risiko kejadian anemia pada ibu hamil. Jurnal Kesehatan Komunitas, 2(2), 78-82

Simbolon, Demsa. Jumiyati., R. Antun. 2018. Modul Edukasi Gizi Pencegahan dan penanggulangan kurang energi kronik ( KEK) dan anemia pada ibu hamil. Edisi.1. Yogyakarta : Deepublist

Supariasa IDN Dkk. 2012. Penilaian Status Gizi. Jakarta: EGC

Putri, Y.R., & Hastina, E. 2020. Asuhan Keperawatan Maternitas Pada Kasus Komplikasi Kehamilan, Persalinan dan Nifas. Banyumas: CV. Pena Persada.




DOI: https://doi.org/10.36419/jki.v12i1.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Jurnal Kebidanan Indonesia is published by Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

Jl. Ring Road No.Km 03, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127 | email : info@stikesmus.ac.id | web : www.stikesmus.ac.id

 

Lisensi Creative Commons 

Jurnal Kebidanan Indonesia : Journal of Indonesia Midwifery is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional |